EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DIPADUKAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP/MTS KELAS VIII

ROFIQ MAHFUR, NIM. 10600068 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DIPADUKAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP/MTS KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DIPADUKAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP/MTS KELAS VIII)
10600068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DIPADUKAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP/MTS KELAS VIII)
10600068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Pemahaman konsep merupakan kemampuan matematis yang penting dimiliki oleh siswa dalam memecahkan permasalahan matematis yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran generatif melalui metode pembelajaran inkuiri terbimbing dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa. Jenis Penelitian ini adalah quasi exsperiment dengan pre-test posttest group design. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu pembelajaran dengan menggunakan model generatif melalui metode inkuiri terbimbing dan variabel terikat yaitu pemahaman konsep matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Paliyan tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 186 siswa dengan sampel siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen sebanyak 31 siswa dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa soal pre-test dan post-test sedangkan instrumen pembelajarannya menggunakan RPP dan Lembar Aktifitas Siswa (LAS). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji parametrik menggunaan uji-t untuk mengetahui perbedaan rata-rata skor post-test pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran generatif dipadukan dengan metode inkuiri terbimbing lebih efektif terhadap pemahaman konsep siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si., M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Generatif, Inkuiri Terbimbing, Pemahaman Konsep.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 19 Jul 2018 04:04
Last Modified: 19 Jul 2018 04:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30237

Actions (login required)

View Item View Item