PENGEMBANGAN MODUL IPA BERMUATAN KEISLAMAN DAN KEPESANTRENAN PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII

Leafatra Nurul Maula, NIM. 13680035 (2018) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERMUATAN KEISLAMAN DAN KEPESANTRENAN PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL IPA BERMUATAN KEISLAMAN DAN KEPESANTRENAN PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII)
13680035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL IPA BERMUATAN KEISLAMAN DAN KEPESANTRENAN PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII)
13680035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul IPA bermuatan keislaman dan kepesantrenan pada materi pencemaran lingkungan untuk siswa SMP/MTs kelas VII dan mengetahui kualitas produk yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D) dengan menggunakan model ADDIE yang terbatas pada tahap Analysis, Design, Development, dan Evaluation. Instrumen penilaian produk dan respon siswa berupa lembar angket yang terdiri dari 6 aspek, yaitu kelayakan materi, kebahasaan, kegrafikan, keterlaksanaan, penyajian, dan keterpaduan. Tahap validasi dilakukan oleh 3 ahli materi, 1 ahli media, dan 4 peer reviewer. Uji terbatas penilaian dilakukan oleh 2 guru IPA SMP dan keterbacaan oleh 30 siswa SMP kelas VIII. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif. Hasil penelitian kualitas modul menurut penilaian ahli materi, ahli media, peer reviewer, dan guru IPA SMP berkategori sangat baik dengan persentase keidealan berturut – turut 81,67 %, 81,54 %, 90 %, dan 96,49 %. Adapun respon siswa mendapatkan kategori sangat setuju dengan persentase penilaian 90,2 %. Produk yang dikembangkan perlu diimplementasikan untuk mengetahui kelayakan produk sehingga dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar siswa kelas VII SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Eka Sulistyowati, S.Si., M.A., M.IWM.
Uncontrolled Keywords: modul, muatan keislaman, muatan kepesantrenan, pencemaran lingkungan
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Sep 2018 13:32
Last Modified: 27 Sep 2018 13:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30248

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum