PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MAN 4 BANTUL

Wida Mardhiyati, NIM. 13680040 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MAN 4 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MAN 4 BANTUL)
13680040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MAN 4 BANTUL)
13680040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap motivasi belajar siswa; 2) pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Experiment dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Materi penelitian adalah sistem sirkulasi darah manusia. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling dengan hasil kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol, kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen Predict-Observe-Explain (POE). Teknik pengambilan data motivasi belajar siswa menggunakan teknik non tes, dengan instrumen berupa lembar angket motivasi belajar siswa. Teknik pengambilan data hasil belajar siswa menggunakan tes, dengan instrumen berupa soal pretest dan posttest materi sistem sirkulasi. Teknik analisis data motivasi belajar siswa menggunakan uji statistik Mann Whitney U. dan analisis data hasil belajar siswa menggunakan uji Independent Sampel T-Test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE)) terhadap motivasi belajar siswa, hal ini ditunjukan dari hasil uji Mann Whitney U. menunjukan Asymp. sig. sebesar 0,002 < 0,05; 2) terdapat pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap hasil belajar siswa, hal ini ditunjukan dari hasil uji Independent Sampel T-Test nilai posttest menunjukan nilai Asymp. sig. sebesar 0,047 < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Runtut Prih Utami, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Predict-Observe-Explain (POE), Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Sep 2018 13:33
Last Modified: 27 Sep 2018 13:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30250

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum