PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI BIOLOGI BERBASIS POTENSI LOKAL KAWASAN PANTAI KUKUP PADA SUB MATERI POKOK INVERTEBRATA UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA

Isma Nafisah, NIM. 13680050 (2018) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI BIOLOGI BERBASIS POTENSI LOKAL KAWASAN PANTAI KUKUP PADA SUB MATERI POKOK INVERTEBRATA UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI BIOLOGI BERBASIS POTENSI LOKAL KAWASAN PANTAI KUKUP PADA SUB MATERI POKOK INVERTEBRATA UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
13680050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI BIOLOGI BERBASIS POTENSI LOKAL KAWASAN PANTAI KUKUP PADA SUB MATERI POKOK INVERTEBRATA UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
13680050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui hewan invertebrata yang ditemukan di zona intertidal pantai Kukup, 2) mengembangkan ensiklopedi biologi berbasis potensi lokal kawasan Pantai Kukup pada sub materi pokok Invertebrata sebagai sumber belajar mandiri bagi siswa kelas X SMA/MA, 3) mengetahui kualitas ensiklopedi biologi berbasis potensi lokal kawasan Pantai Kukup pada sub materi pokok Invertebrata yang layak digunakan dalam pembelajaran biologi untuk siswa kelas X SMA/MA. Penelitian ini didasarkan pada dua tahap, yaitu penelitian pengambilan sampel hewan invertebrata di Pantai Kukup dan pengembangan ensiklopedi biologi. Penelitian invertebrata di Pantai Kukup menggunakan metode transek kuadrat dengan teknik random sampling. Pengembangan ensiklopedi biologi menggunakan model ADDIE meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen penilaian produk yang digunakan berupa lembar angket checklist. Kualitas produk dinilai oleh 1 ahli media, 1 ahli materi, 5 peer reviewer, dan guru biologi. Uji coba terbatas dilakukan pada 15 siswa kelas X SMA N 8 Yogyakarta. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif sehingga diketahui kualitas dari ensiklopedi biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Pantai Kukup ditemukan sebanyak 33 macam spesies Invertebrata yang terdiri dari filum Porifera, Cnidaria, Platyhelminthes, Annelida, Mollusca, Echinodermata, dan Arthropoda. Spesies yang paling banyak ditemukan merupakan spesies dari filum Mollusca, sedangkan spesies yang paling sedikit ditemukan merupakan spesies dari filum Platyhelminthes. Produk yang dihasilkan berupa ensiklopedi biologi berbasis potensi lokal Pantai Kukup pada sub materi pokok Invertebrata. Ensiklopedi biologi memiliki kualitas sangat baik dengan persentase keidealan 85,57% berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, peer reviewer, dan guru biologi. Respon siswa juga menunjukkan bahwa ensiklopedi biologi memiliki kualitas sangat baik dengan persentase keidealan 87,13%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ensiklopedi biologi berbasis potensi lokal kawasan Pantai Kukup pada sub materi pokok Invertebrata layak digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa kelas X SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dian Noviar, S.Pd.,M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Ensiklopedi Biologi, Potensi Lokal, Pantai Kukup, Invertebrata
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Sep 2018 13:34
Last Modified: 27 Sep 2018 13:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30254

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum