EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI REACT BERBASIS KEISLAMAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA

UTARI INTAN ANDINI, NIM. 13600009 (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI REACT BERBASIS KEISLAMAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI REACT BERBASIS KEISLAMAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA)
13600009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (37MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI REACT BERBASIS KEISLAMAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA)
13600009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui strategi REACT berbasis keislaman dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui strategi REACT berbasis keislaman dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap pengembangan karakter siswa Jenis penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Variabel penelitian terdiri dari satu variabel bebas berupa pembelajaran melalui strategi REACT berbasis keislaman dan dua variabel terikat yaitu kemampuan pemahaman konsep dan pengembangan karakter siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII MTsN 6 Bantul yang berjumlah 212 siswa pada tahun ajaran 2016/2017, dengan sampel penelitian berjumlah 63 siswa. Kelas VII F dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan treatment berupa pembelajaran matematika melalui strategi REACT berbasis keislaman. Kelas VII E dijadikan sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pretest-posttest dan skala sikap. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik parametrik yaitu Uji-t untuk kemampuan pemahaman konsep dan statistik non-parametrik yaitu Uji Mann- Whitney U untuk pengembangan karakter siswa. Analisis data mengunakan bantuan software SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi REACT berbasis keislaman lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Pembelajaran dengan menggunakan strategi REACT berbasis keislaman lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap pengembangan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Iwan Kuswidi S.Pd.I., M.Sc,
Uncontrolled Keywords: Strategi REACT, Kemampuan Pemahaman Konsep, Pengembangan Karakter
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 19 Jul 2018 14:38
Last Modified: 19 Jul 2018 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30257

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum