EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF AWARENESS

ISMI AULIYAH, NIM 13600017 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF AWARENESS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF AWARENESS)
13600017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (41MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF AWARENESS)
13600017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1). untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran TAPPS dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan spasial siswa. 2). untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran TAPPS dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap self awareness siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain penelitian non equivalent control grup design. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu pembelajaran dengan model pembelajaran TAPPS serta variabel terikat yaitu kemampuan spasial dan self awareness siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Banguntapan, sedangkan sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII C dan VIII E. Kelas VIII C sebagai kelas eksperimen yang diberikan treatment berupa pembelajaran dengan model pembelajaran TAPPS. Sedangkan kelas VIII E sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian terdiri dari pretest-posttest kemampuan spasial, pretest-posttest self awareness, dan RPP yang dilengkapi dengan Hypotetical Learning Trajectory (HLT). Teknik analisis data penelitian menggunakan statistika parametrik inferensial yaitu uji-t. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.0 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). model pembelajaran TAPPS lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan spasial siswa. 2). model pembelajaran TAPPS lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap self awareness siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibrahim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, TAPPS, Kemampuan Spasial, Self Awareness.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 19 Jul 2018 15:19
Last Modified: 19 Jul 2018 15:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30267

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum