UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA TUNANETRA DI MAN MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA

AMIN WAHYUNINGSIH - NIM. 04220011, (2009) UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA TUNANETRA DI MAN MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA TUNANETRA DI MAN MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV.pdf - Published Version

Download (540kB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA TUNANETRA DI MAN MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (128kB)

Abstract

ABSTRAK Judul skripsi ini adalah “Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Tunanetra di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan guru bimbingan konseling dalam membantu meningkatkan sikap positif (kepercayaan diri) pada siswa tunanetra di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Penelitian ini semoga dapat memberi kontribusi pemikiran tentang wacana keilmuan bimbingan dan konseling serta menjadi kontribusi bagi pengembangan dan kelanjutan terhadap pelayanan bimbingan khususnya dalam membantu siswa tunanetra agar memiliki kepercayaan diri yang tinggi di dalamkehidupan sekolah yang menggunkan sistim pendidikan inklusif. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah dua guru bimbingan konseling yaitu bapak Rubai dan Ibu Yuni Heru Kusumawardani, satu guru pembimbing yaitu Ibu Mardinah, dan enam siswa tunanetra yang ada di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian di sini adalah bagaimana upaya yang dilakukan guru bimbingan konseling serta guru pembimbing dalam membantu meningkatkan kepercayaan diri siswa tunanetra di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif, langkahnya setelah data terkumpul baik yang diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi, kemudian data-data itu disusun, dan kemudian data tersebut dianalisa dan dijelaskan. Hasil dari penelitian ini adalah mengenai bimbingan yang diberikan kepada siswa khususnya siswa tunanetra yang memakai sistem pendidikikan inklusif merupakan bantuan yang diperlu bagi siswa tunanetra untuk membantu meningkatkan kepercayaan dirinya, karena kepercayaan diri merupakan aspek penting untuk mengaktualisasikan potensi dirinya khususnya bagi siswa tunanetra yang memiliki keterbatasan dalam indera penglihatannya. Sedangkan upaya guru bimbingan konseling dan guru pembimbing siswa tunanetra dalam meningkatan kepercayaan dirinya yaitu melalui bimbingan kelompok yang meliputi bimbingan belajar kelompok, bimbingan individu, bimbingan latihan penembangan diri dan guru pembimbing selalu menanaman rasa percaya diri pada siswa tunanetra. Sedangkan hasil dari upaya peningkatan kepercayaan diri tersebut siswa mampu menerima kondisinya tersebut tanpa memandang kekuranganya dan mensyukuri semua yang telah diberikan Allah SWT, dengan bimbingan tersebut siswa tunanetra sangat terbantu dan terdorong untuk selalu tetap belajar meski memiliki kekurangan dalam segi fisik sehingga dengan adanya bimbingan itu dapat membantu meningkatkan kepercayaan dirinya mereka khususnya dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: DRS. ABROR SODIK, M.SI
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan kepercayaan diri pada siswa tunanetra
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 15 Aug 2012 16:53
Last Modified: 29 Dec 2016 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3027

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum