EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL ARCS ( ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION ) DENGAN METODE FGD (FACEBOOK GROUP DISCUSSION) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

NUR HIDAYAH, NIM. 13600022 (2018) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL ARCS ( ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION ) DENGAN METODE FGD (FACEBOOK GROUP DISCUSSION) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL ARCS ( ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION ) DENGAN METODE FGD (FACEBOOK GROUP DISCUSSION) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA)
13600022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (23MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL ARCS ( ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION ) DENGAN METODE FGD (FACEBOOK GROUP DISCUSSION) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA)
13600022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: 1) efektifitas pembelajaran menggunakan model pembelajaran ARCS dengan metode FGD daripada model konvensional terhadap pemahaman konsep siswa. 2) efektifitas pembelajaran menggunakan model pembelajaran ARCS dengan metode FGD daripada model konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain Posttest-Only Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 2 Sleman tahun ajaran 2016/2017. Kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan independent sample ttest yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Kedua, menggunakan uji mann-whitney, ketika uji prasyarat tidak terpenuhi. Pengujian dilakukan menggunakan bantuan software SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil hitung posttest kemampuan pemahaman konsep diperoleh nilai Asymp. Sig. (1-tailed) sebesar 0,0235 0,05, �0 ditolak dan �1 diterima yang berarti bahwa rata-rata posttest pemahaman konsep kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata posttest pemahaman konsep kelas kontrol. Berdasarkan hasil hitung posttest kemampuan pemecahan masalah diperoleh nilai Asymp. Sig. (1-tailed) sebesar 0,0015 0,05, �0 ditolak dan �1 diterima yang berarti bahwa rata-rata posttest kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata posttest pemahaman konsep kelas kontrol. Hal ini berarti, pembelajaran matematika dengan model ARCS dengan metode FGD lebih efektif daripada model konvensional terhadap pemahamn konsep dan pembelajaran matematika model ARCS dengan metode FGD lebih efektif daripada model konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mulin Nu’man, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, ARCS, Facebook Group Discussion, Pemahaman Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 19 Jul 2018 15:50
Last Modified: 19 Jul 2018 15:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30273

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum