EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL TREFFINGER DENGAN METODE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAS SISWA SMP KELAS VII

FITRIYATUL UMMAH, NIM. 13600025 (2018) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL TREFFINGER DENGAN METODE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAS SISWA SMP KELAS VII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL TREFFINGER DENGAN METODE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAS SISWA SMP KELAS VII)
13600025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL TREFFINGER DENGAN METODE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAS SISWA SMP KELAS VII)
13600025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Pembelajaran Matematika Model Treffinger dengan Metode Snowball Throwing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dibandingkan dengan pembelajan konvensionaal. Tujuan lainnya, untuk mengetahui efektivitas Pembelajaran Matematika Model Treffinger dengan Metode Snowball Throwing untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa dibandingkan dengan pembelajan konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Variabel penelitian terdiri dari satu variabel bebas yaitu Model Treffinger dengan Metode Snowball Throwing dan dua Variabel terikat yaitu Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Siswa. Populasi penelitian terdiri dari siswa kelas VII SMPN 1 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 272 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII F sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data untuk menjawab tujuan penelitian yang pertama dan kedua menggunakan Independent Samples t-test. Analisis data dibantu dengan program SPSS.17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Matematika Model Treffinger dengan Metode Snowball Throwing lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dibandingkan dengan pembelajan konvensional. Pembelajaran Matematika Model Treffinger dengan Metode Snowball Throwing tidak lebih efektif untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa dibandingkan dengan pembelajan konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Efektifitas,Model Treffinger , Metode Snowball Throwing,Berpikir Kreatif,Kemandirian.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 20 Jul 2018 10:18
Last Modified: 20 Jul 2018 10:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30295

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum