ANALISIS KONTEN MATEMATIS DALAM GAME NUMBER RUMBLE:PERANG OTAK (TINJAUAN DARI KONSEP NUMBER SENSE).

ARDI NUR AFIYAN, NIM. 13600037 (2018) ANALISIS KONTEN MATEMATIS DALAM GAME NUMBER RUMBLE:PERANG OTAK (TINJAUAN DARI KONSEP NUMBER SENSE). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KONTEN MATEMATIS DALAM GAME NUMBER RUMBLE:PERANG OTAK (TINJAUAN DARI KONSEP NUMBER SENSE).)
13600037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KONTEN MATEMATIS DALAM GAME NUMBER RUMBLE:PERANG OTAK (TINJAUAN DARI KONSEP NUMBER SENSE).)
13600037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konten matematis dalam game Number Rumble: Perang Otak yang ditinjau dari konsep number sense. Indikator number sense yang digunakan merujuk pada komponen number sense menurut McIntosh, Reys, & Reys (1992), yaitu: 1) dapat membedakan besar bilangan; 2) dapat menentukan bentuk yang senilai dari suatu bilangan; 3) dapat memahami efek dari operasi suatu bilangan; 4) dapat menentukan ekspresi atau operasi suatu bilangan; 5) dapat malakukan estimasi. Penelitian ini berjenis library research atau penelitian kepustakaan yang bersifat deskriptif-kualitatif. Prosedur penelitian kualitatif ini meliputi: 1) tahap awal penelitian berupa menyiapkan literatur yang relevan, menyusun lembar anaisis, dan menyusun pedoman wawancara; 2) tahap pelaksanaan penelitian meliputi mengumpulkan data konten matematis dalam game, melakukan wawancara dengan pengembang game, melakukan wawancara dengan pengguna game, dan menganaisis konten matematis dalam game; 3) tahap akhir penelitian, yaitu menyusun hasil analisis data sesuai dengan fokus penelitian sehingga peneliti dapat menjawab rumusan masalah. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah peneliti sebagai instrumen utama yang dibantu dengan lembar analisis dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif analitik. Hasil analisis menunjukkan bahwa berdasarkan kriteria ketermuatan number sense dalam konten (mini games) secara keseluruhan diperoleh hasil sebesar 82.76% yang termasuk dalam kategori sangat baik, sehingga konten (mini games) dalam game Number Rumble: Perang Otak memuat number sense dengan sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Aulia Faqih Rifa’i, M.Kom. Nurul Arfinanti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Konten Matematis, game number rumble: perang otak, number sense
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 20 Jul 2018 03:48
Last Modified: 20 Jul 2018 03:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30301

Actions (login required)

View Item View Item