PENERAPAN ALGORITMA SWEEP DALAM MENYELESAIKAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (CVRP) PADA OPTIMASI RUTE DISTRIBUSI

DITA QONDIYANA, NIM. 13610003 (2018) PENERAPAN ALGORITMA SWEEP DALAM MENYELESAIKAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (CVRP) PADA OPTIMASI RUTE DISTRIBUSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN ALGORITMA SWEEP DALAM MENYELESAIKAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (CVRP) PADA OPTIMASI RUTE DISTRIBUSI)
13610003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN ALGORITMA SWEEP DALAM MENYELESAIKAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (CVRP) PADA OPTIMASI RUTE DISTRIBUSI)
13610003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Distribusi merupakan suatu kegiatan pengiriman barang dari pihak produsen kepada pihak konsumen. Distribusi merupakan kunci utama dari keuntungan yang akan diperoleh pihak produsen, karena distribusi akan mempengaruhi kebutuhan konsumen. Sejalan dengan tujuan tersebut, produsen perlu memiliki rencana pendistribusian yang tepat, karena tidak tepatnya pendistribusian dapat menyebabkan tidak optimalnya pendistribusian. Untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen, perlu dicari rute atau jalur transportasi terbaik yang dapat meminimalkan jarak. Permasalahan yang bertujuan untuk membuat suatu rute yang optimal untuk suatu kelompok kendaraan agar dapat melayani sejumlah konsumen disebut sebagai Vehicle Routing Problem (VRP). Salah satu varian dari VRP yaitu Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP). CVRP merupakan permasalahan perancangan rute optimal dengan kendala batasan kapasitas muatan dari armada kendaraan yang digunakan. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menerapkan Algoritma Sweep dalam menyelesaikan CVRP. Algoritma Sweep merupakan algoritma yang terdiri dari dua tahap, pertama tahap clustering agen, dan kedua tahap pembentukan rute masing-masing cluster dengan metode Sequential Insertion. Pada tahap clustering, sapuan simpul-simpul dapat dilakukan dari kuadran I, II, III dan IV, searah jarum jam maupun berlawanan arah jarum jam. Penulisan ini melakukan sapuan dari kuadran I dan III berlawanan arah jarum jam. Hasil perhitungan Algoritma Sweep jika dilakukan sapuan dari kuadran I dan kuadran III menghasilkan nilai yang berbeda. Kuadran I menghasilkan jarak tempuh 183,3 km dengan waktu tempuh 292 menit, sedangkan kuadran III menghasilkan jarak tempuh 170 km dengan waktu tempuh 254 menit. Perbedaan tersebut menjelaskan bahwa kuadran III cukup baik dibandingkan kuadran I.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Muchammad Abrori, S.Si, M.Kom
Uncontrolled Keywords: Algoritma Sweep, Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP), Distribusi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 23 Jul 2018 03:48
Last Modified: 23 Jul 2018 03:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30304

Actions (login required)

View Item View Item