IMPLEMENTASI LABWARE (LABORATORIUM COURSEWARE) SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA POKOK BAHASAN BESARAN DAN SATUAN SISWA KELAS X DI MAN WONOKROMO BANTUL

FARIDUDDIN NIM. 03460503, (2009) IMPLEMENTASI LABWARE (LABORATORIUM COURSEWARE) SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA POKOK BAHASAN BESARAN DAN SATUAN SISWA KELAS X DI MAN WONOKROMO BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI LABWARE (LABORATORIUM COURSEWARE) SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA POKOK BAHASAN BESARAN DAN SATUAN SISWA KELAS X DI MAN WONOKROMO BANTUL )
BAB I,V,DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI LABWARE (LABORATORIUM COURSEWARE) SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA POKOK BAHASAN BESARAN DAN SATUAN SISWA KELAS X DI MAN WONOKROMO BANTUL )
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan media labware (laboratorium courseware) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa kelas X di MAN Wonokromo Bantul. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Wonokromo Bantul dengan pengambilan subjek kelas X dengan pokok bahasan besaran dan satuan, dengan definisi kelas X.1 sebagai kelas kontrol, kelas X.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.3 sebagai kelas uji instrumen. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen dengan desain penelitian Randomized Control Group Pretest-Postest Desain. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa lembar angket aktivitas, lembar angket tanggapan media dan lembar tes yakni pretes dan postes. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat hipotesis dan uji hipotesis. Untuk uji normalitas dengan uji chi kuadrat, uji homogenitas dengan uji F sedangkan uji hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa pengaruh pembelajaran melalui media labware (laboratorium courseware) terhadap aktivitas siswa didapat thitung sebesar 5,19 dengan derajat kebebasan sebesar 24 pada taraf kesalahan 5% atau kepercayaan 95% sedangkan ttabel sebesar 2,06. Karena thitung ttabel yakni 5,19 2,06 maka hipotesis diterima dan terdapat perbedaan yang signifikan antara aktivitas awal dan akhir atau terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran melalui media labware terhadap aktivitas belajar siswa. Pengaruh pembelajaran melalui media labware (laboratorium courseware) terhadap peningkatan pemahaman konsep fisika siswa didapat nilai rata-rata postes sebesar 12,04 dibanding dengan nilai rata-rata pretes sebesar 7,36. Dari thitung didapatkan nilai sebesar 22,72 sedangkan ttabel sebesar 2,06. Karena thitung ttabel yakni 22,72 2,06 maka hipotesis diterima dan terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran melalui media labware terhadap pemahaman konsep fisika siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan taraf kebebasan sebesar 24 pada taraf kesalahan 5% atau kepercayaan 95%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Cth. Pembimbing : Drs. Yusman Wiyatmo, M.Si
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Labware, Moodle
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 04 Dec 2012 15:09
Last Modified: 07 Dec 2016 06:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3031

Actions (login required)

View Item View Item