DAMPAK INTERAKSI SOSIAL ANTAR PENGHUNI ASRAMA BAHASA INGGRIS TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS DI RUMAH INGGRIS JOGJA (RIJ)

ABDUL HAMID, NIM. 10720031 (2018) DAMPAK INTERAKSI SOSIAL ANTAR PENGHUNI ASRAMA BAHASA INGGRIS TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS DI RUMAH INGGRIS JOGJA (RIJ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK INTERAKSI SOSIAL ANTAR PENGHUNI ASRAMA BAHASA INGGRIS TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS DI RUMAH INGGRIS JOGJA (RIJ))
10720031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK INTERAKSI SOSIAL ANTAR PENGHUNI ASRAMA BAHASA INGGRIS TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS DI RUMAH INGGRIS JOGJA (RIJ))
10720031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Bahasa Inggris sampai saat ini masih menjadi kebutuhan banyak orang dalam berinteraksi dan berkomunikasi, bukan hanya di dunia akademik, melainkan juga dalam dunia usaha, dakwah, dan sosial-budaya. Hanya saja bahasa Inggris masih terlihat menakutkan bagi sebagian orang yang menilai bahasa Inggris sangat sulit dipraktekkan dan dipelajari. Kebutuhan akan lingkungan berbahasa Inggris sebagai wadah berinteraksi dan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris sehari-hari menjadi sebuah keharusan untuk segera diwujudkan. Rumah Inggris Jogja (RIJ) adalah tempat kursus bahasa Inggris berbasis asrama yang lebih menekankan praktek daripada teori dengan mewajibkan seluruh penghuni asrama berbahasa Inggris sebagai media berinteraksi dan berkomunikasi sehari-hari. Adanya asrama bahasa Inggris menjadi modal utama membentuk lingkungan bahasa Inggris yang kondusif dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris peserta didik secara alami dan mempraktekkannya secara intensif. Dengan demikian, akan mucul pola-pola interaksi tertentu di antara peserta didik yang berkaitan dengan bahasa Inggris dan memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar bahasa Inggris itu sendiri. Penelitian ini akan mencoba mengkaji lebih jauh tentang interaksi yang terjadi antar perorangan dengan perorangan atau perorangan dengan kelompok yang lain di sebuah asrama bahasa Inggris (english dormitory) beserta dampaknya terhadap hasil belajar bahasa Inggris yang dimiliki. Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana interaksi dan hubungan sosial yang terjadi di asrama bahasa Inggris memberikan progress terhadap kualitas bahasa Inggris para penghuni asrama dan seperti apa dinamika yang terjadi dalamnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teori interaksi sosial yang disampaikan oleh Soerjono Soekanto bahwasanya apabila interaksi sosial itu diulang menurut pola yang sama dan bertahan untuk waktu yang lama, maka akan terwujud hubungan sosial yang dinamis dan memberikan pengaruh perubahan untuk kondisi-kondisi tertentu. Adapun metode pengumpulan data yang akan digunakan adalah obvservasi, wawancara, dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis deskriptif guna menggambarkan secara detail data-data yang diperoleh dari lapangan melalui beberapa tahap antara lain, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya sebuah gambaran interaksi sosial tertentu antar peserta didik di sebuah asrama bahasa Inggris dan hubungannya dengan kesuksesan belajar bahasa Inggris. Dan dari interaksi sosial ini, hasil penelitian juga menunjukkan adanya dampak yang signifikan terhadap hasil belajar bahasa Inggris dan prestasi peserta didik dalam meningkatkan kualitas kemampuan memahami dan mempraktekkan bahasa Inggris sehari-hari. Semakin sering berinteraksi dengan yang lain, maka akan semakin sering berkomunikasi dengan bahasa Inggris sehingga menjadi sebuah kebiasaan (habitual action). Dan semakin sering berkomunikasi dengan bahasa Inggris, maka dengan sendirinya bahasa Inggris menjadi mudah dimengerti, dipahami, dipelajari, dan bahkan dipraktekkan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Dampak, Interaksi, Hasil Belajar, Bahasa Inggris
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Sep 2018 08:52
Last Modified: 28 Sep 2018 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30314

Actions (login required)

View Item View Item