Skripsi ini membahas mengenai pandangan buruh gendong perempuan, NIM. 13720015 (2018) PANDANGAN BURUH GENDONG PEREMPUAN LANJUT USIA TERHADAP SOLIDARITAS SOSIAL PAGUYUBAN SAYUK RUKUN PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA.

Slamet Ernawati, NIM. 13720018 (2018) Skripsi ini membahas mengenai pandangan buruh gendong perempuan, NIM. 13720015 (2018) PANDANGAN BURUH GENDONG PEREMPUAN LANJUT USIA TERHADAP SOLIDARITAS SOSIAL PAGUYUBAN SAYUK RUKUN PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (Skripsi ini membahas mengenai pandangan buruh gendong perempuan, NIM. 13720015 (2018) PANDANGAN BURUH GENDONG PEREMPUAN LANJUT USIA TERHADAP SOLIDARITAS SOSIAL PAGUYUBAN SAYUK RUKUN PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA.)
13720018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi ini membahas mengenai pandangan buruh gendong perempuan, NIM. 13720015 (2018) PANDANGAN BURUH GENDONG PEREMPUAN LANJUT USIA TERHADAP SOLIDARITAS SOSIAL PAGUYUBAN SAYUK RUKUN PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA.)
13720018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Cosplay sebagai salah satu bentuk produk budaya populer Jepang telah menyebar dan berkembang di berbagai negara-negara Eropa, Amerika, Australia dan Asia termasuk salah satunya di Indonesia. Cosplay berkembang dibeberapa kota besar di Indonesia termasuk di Yogyakarta, perkembangan ini juga diiringi dengan munculnya berbagai komunitas penggemar. Cosplay yang di lakukan oleh para cosplayer Yogyakarta mengalami berbagai perubahan karena telah disesuaikan dengan nilai-nilai dan norma yang berlaku bagi masing-masing cosplayer. Adanya pertimbangan nilai dan norma dari para cosplayer dalam menentukan karakter menyebabkan muncul berbagai jenis cosplay khususnya dalam komunitas Anoman Jogja. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pertimbangan atau negosiasi yang dilakukan oleh cosplayer Anoman dalam mentransformasikan diri mereka menjadi karakter fiksi dari anime, di mana negosiasi yang dilakukan tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan juga faktor eksternal dari cosplayer. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini yaitu teori intertekstualitas yang dikembangkan oleh Julia Kristeva. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan fenomena cosplay dan jejepangan yang berkembang di Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dalam komunitas Anoman Jogja yang memiliki banyak cosplayer aktif dengan berbagai tujuan cosplay yang berbeda-beda. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi partisipatori dimana peneliti juga berperan sebagai cosplayer, wawancara langsung dan tidak langsung melalui media sosial line, facebook dan whatsapp dan dokumentasi foto-foto cosplayer. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan proses mereduksi data yang kurang relevan dengan penelitian kemudian menyajikan data hasil penelitian dalam bentuk tabel dan teks narasi dan menarik kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat tiga jenis cosplay dalam komunitas Anoman yaitu cosplay original, hijab cosplay dan crossdress cosplay. Perbedaan jenis cosplay yang dilakukan oleh para cosplayer disebabkan oleh adanya berbagai faktor baik internal maupun eksternal yang menjadi hipogram atau dasar pemilihan karakter anime dan telah mengalami proses intertekstualitas. Intertekstualitas yang menghubungkan berbagai teks hipogram inilah yang mempengaruhi pilihan karakter anime oleh para cosplayer. Faktor internal berupa rasa suka yang ada dalam diri cosplayer terhadap tokoh anime karena tokoh tersebut merupakan representasi diri dari cosplayer, rasa suka terhadap tokoh anime juga dikarenakan tokoh tersebut merupakan sosok ideal yang diidolakan cosplayer. Faktor eksternal yang mempengaruhi pilihan jenis cosplay diantaranya adalah keluarga, pendidikan, religiusitas, lingkungan, ekonomi, budaya dan juga pengalaman sosial dari masing-masing cosplayer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Achmad Uzair Fauzan, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Cosplay, Negosiasi, Intertekstualitas, Komunitas Anoman.
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Aug 2018 07:44
Last Modified: 03 Aug 2018 07:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30323

Actions (login required)

View Item View Item