PERAN ORANG TUA TUNGGAL TERHADAP PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK (Studi Di Dusun Blaburan Kelurahan Bligo Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang)

Dwiedha Mahera, NIM. 13720045 (2018) PERAN ORANG TUA TUNGGAL TERHADAP PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK (Studi Di Dusun Blaburan Kelurahan Bligo Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORANG TUA TUNGGAL TERHADAP PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK (Studi Di Dusun Blaburan Kelurahan Bligo Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang))
13720045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORANG TUA TUNGGAL TERHADAP PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK (Studi Di Dusun Blaburan Kelurahan Bligo Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang))
13720045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Kemajuan jaman di era teknologi menghasilkan berbagai alat komunikasi yang canggih dan dengan harga yang relatif terjangkau. Alat komunikasi saat ini yang paling di minati yaitu handphone. Berbagai lapisan masyarakat mampu membelinya dengan harga yang murah dan bermutu. Penggunaannya saat ini seluruh kalangan masyarakat mampu mengoperasikannya, baik itu anak-anak sampai orang tua. Dusun Blaburan merupakan salah satu tempat yang terkena kemajuan teknologi tersebut, hal ini dapat dilihat dari hasil observasi awal dimana banyak mereka yang mampu mengoperasikan handphone. Adanya temuan dilapangan tersebut membuat peneliti ingin melihat bagaimana peran orang tua tunggal dalam penggunaan gadget pada anak. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan lima orang tua tunggal sebagai narasumber yang di ambil oleh peneliti, serta kelima anak dan dua tokoh masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori peran dimana dalam teori ini menjelaskan bagaimana batasan-batasan dan kewajiban masyarakat dalam berperan sebagai anggota masyarakat. Hasil penelitian yang di peroleh bahwa dalam peran orang tua tunggal berbeda dengan orang tua utuh, dimana dalam perannya mereka membagi waktu dengan pekerjaan dan mengursi kelarganya, akan tetapi dalam mengurusi anak mereka cenderung dibantu oleh keluarga terdekat mereka dalam pengawasan si anak. Anak mereka yang tidak sesuai yang di inginkan dalam penggunaan gadget maka, para orang tua tnggal akan menasehati, mengontrol dan mengatur waktu pada anak mereka. Mengatur waktu dalam penggunaannya sangat lebih efisien dimana anak diajarkan untuk bertanggung jawab dan disiplin waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Astri Hanjarwati, M.A.
Uncontrolled Keywords: Peran, gadget, orang tua dan anak
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Jul 2018 07:54
Last Modified: 25 Jul 2018 07:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30325

Actions (login required)

View Item View Item