KEGIATAN JIMPITAN SEBAGAI MEKANISME MEMBANGUN SOLIDARITAS SOSIAL DI RW 05 PADUKUHAN PAPRINGAN CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN

Umar Khamdan, NIM. 13720046 (2018) KEGIATAN JIMPITAN SEBAGAI MEKANISME MEMBANGUN SOLIDARITAS SOSIAL DI RW 05 PADUKUHAN PAPRINGAN CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KEGIATAN JIMPITAN SEBAGAI MEKANISME MEMBANGUN SOLIDARITAS SOSIAL DI RW 05 PADUKUHAN PAPRINGAN CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN)
13720046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KEGIATAN JIMPITAN SEBAGAI MEKANISME MEMBANGUN SOLIDARITAS SOSIAL DI RW 05 PADUKUHAN PAPRINGAN CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN)
13720046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini yakni tentang kegiatan jimpitan ronda yang awalnya bertujuan sebagai kegiatan menjaga keamanan kampung dan pembangunan kampung, ternyata memiliki nilai-nilai solidaritas bagi masyarakat, terlebih lokasi penelitian ini yakni di Padukuhan Papringan yang notabenya daerah pinggiran kota yang memiliki pergeseran nilai-nilai solidaritas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan jimpitan membangun solidaritas sosial antar warga di RW 05 Papringan, serta faktor apa yang mempengaruhi solidaritas dalam kegiatan jimpitan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penentuan informan berdasarkan kriteria informan yang diperoleh melalui teknik snowbolling sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Solidaritas sosial Emile Durkheim dengan metode reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa pertama, kegiatan jimpitan yang dijalankan warga RW 05 Papringan mampu membangun solidaritas sosial antar warga, yakni melalui kontak sosial dalam kegiatan jimpitan tersebut serta hasil uang jimpitan yang digunakan untuk kegiatan-kegiatan sosial warga. Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi bentuk solidaritas tersebut yakni, faktor sosial, faktor ekonomi, faktor tradisi dan budaya, serta faktor pemimpin/pengurus RT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: Solidaritas sosial, Kegiatan jimpitan, RW 05 Papringan
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Sep 2018 08:52
Last Modified: 28 Sep 2018 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30326

Actions (login required)

View Item View Item