PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING MODEL MINDSET, ENTRANCE, SWITCH OWNERSHIP, STORE, ACT, GOAGAIN, ENGAGE (MESSAGE) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN EFEKTIVITAS BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII DI MTsN YOGYAKARTA II

FATKHUR ROHMAN - 04461110, (2009) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING MODEL MINDSET, ENTRANCE, SWITCH OWNERSHIP, STORE, ACT, GOAGAIN, ENGAGE (MESSAGE) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN EFEKTIVITAS BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII DI MTsN YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING MODEL MINDSET, ENTRANCE, SWITCH OWNERSHIP, STORE, ACT, GOAGAIN, ENGAGE (MESSAGE) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN EFEKTIVITAS BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII DI MTsN YOGYAKARTA II )
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING MODEL MINDSET, ENTRANCE, SWITCH OWNERSHIP, STORE, ACT, GOAGAIN, ENGAGE (MESSAGE) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN EFEKTIVITAS BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII DI MTsN YOGYAKARTA II )
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui apakah proses pembelajaran fisika dengan metode pembelajaran Accelerated Learning Model Mindset, Entrance, Switch Ownership, Store, Act, Go-Again, Engage (MESSAGE) dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas VII E MTsN Yogyakarta II pada sub materi pokok kalor. (2) Mengetahui apakah metode pembelajaran Accelerated Learning Model Mindset, Entrance, Switch Ownership, Store, Act, Go-Again, Engage (MESSAGE) dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas VII E MTsN Yogyakarta II. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach) yang dilaksanakan di MTsN Yogyakarta II. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII E semester satu tahun ajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa 38 orang. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Data prestasi (kognitif) siswa diperoleh dari hasil soal pretest dan posttest. Data kreativitas dan efektivitas pembelajaran diperoleh melalui observasi pada saat pembelajaran sedang berlangsung. Data kemampuan kognitif siswa dianalisis secara deskriptif dengan cara mencari gain (selisih rerata pretest dan posttest). Perbedaan yang signifikan adalah apabila nilai rerata posttest lebih besar dari nilai rerata pretest. Data kreatifitas dan efektivitas pembelajaran dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terjadi peningkatan kreativitas siswa setelah dilakukan tindakan. Pada siklus I sebesar 50,00%, pada siklus II sebesar 61,11% dan pada siklus III sebesar 72,22%. (2) Terjadi peningkatan efektivitas pembelajaran setelah dilakukan tindakan. Pada siklus I sebesar 36,11%, pada siklus II sebesar 58,33% dan siklus III sebesar 75,00%. (3) Terjadi peningkatan prestasi siswa (aspek kognitif) setelah tindakan dilakukan. Pada siklus I gain yang diperoleh sebesar 1,3 meningkat menjadi 1,6 pada siklus II dan meningkat menjadi 2,0 pada siklus III.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Yusman Wiyatmo, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Efektivitas, Accelerated Learning, MESSAGE
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 02 Jan 2013 15:16
Last Modified: 07 Dec 2016 06:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3033

Actions (login required)

View Item View Item