PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI POKOK BAKTERI KELAS X MAN LASEM TAHUN AJARAN 2008/2009

NAILY ZAHROTUL ASMA’ NIM : 04451087, (2009) PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI POKOK BAKTERI KELAS X MAN LASEM TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi siswa, prestasi belajar siswa, serta tanggapan siswa dalam proses pembelajaran Biologi dengan strategi Cooperative Learning tipe Numbered Head Together. Penelitian dilakukan di kelas X7 MAN Lasem tahun ajaran 2008/2009 pada materi pokok Bakteri. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mempunyai tahapan perencanaan (Planing), tindakan (acting), observasi (Observation), dan refleksi (reflection). Data yang dikumpulkan berupa data partisipasi siswa dalam kerja kelompok dan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan strategi Cooperative Learning tipe Numbered Head Together. Data partisipasi diperoleh melalui hasil observasi, prestasi dengan nilai hasil pre test dan post test siswa, dan hasil angket tanggapan siswa yang diberikan pada akhir siklus II. Hasil observasi partisipasi dianalisis dengan analisis deskriptif teknik persentase, prestasi siswa dianalisis dengan effect size, dan tanggapan siswa dianalisis dengan analisis deskriptif teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan partisipasi dapat dilihat dari masing-masing aspek partisipasi yang meliputi aspek memberikan ide atau pendapat sebesar 42,8 %, menerima pendapat orang lain sebesar 52,3 %, melaksanakan tugas yang diberikan kelompok sebesar 59,5 %, kerjasama dalam kelompok sebesar 57,1 % dan aspek yang terakhir adalah kepedulian terhadap kesulitan sesama anggota kelompok sebesar 50 %. Peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan adanya nilai effect size sebesar 1,46. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan strategi Cooperative Learning tipe Numbered Head Together adalah positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi Cooperative Learning tipe Numbered Head Together dapat membuat siswa lebih tertarik untuk belajar Biologi khususnya pada materi pokok Bakteri di kelas X7 MAN Lasem

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Cth. Pembimbing : Drs. Suhardi M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Numbered Head Together, Partisipasi, Prestasi Belajar
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3034

Actions (login required)

View Item View Item