HUBUNGAN ANTARA WAKTU BELAJAR DI SEKOLAH DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER 1 MAN TEMPEL SLEMAN TAHUN AJARAN 2008/2009

JUMIATI NIM. 04441037, (2009) HUBUNGAN ANTARA WAKTU BELAJAR DI SEKOLAH DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER 1 MAN TEMPEL SLEMAN TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA WAKTU BELAJAR DI SEKOLAH DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER 1 MAN TEMPEL SLEMAN TAHUN AJARAN 2008/2009 )
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (971kB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA WAKTU BELAJAR DI SEKOLAH DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER 1 MAN TEMPEL SLEMAN TAHUN AJARAN 2008/2009 )
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)

Abstract

Skripsi ini disusun berdasarkan penelitian yang dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tempel Sleman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara waktu belajar di sekolah dan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran kimia dengan prestasi belajar kimia. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester 1 MAN Tempel Sleman tahun ajaran 2008/2009 sebanyak 114 siswa. Adapun sampel penelitian diambil sebanyak dua kelas secara acak (cluster random sampling) dengan mengundi dua kelas dari tiga kelas, sehingga diperoleh sampel sebanyak 60 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan tes prestasi belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan regresi dua prediktor. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = -0,0249X1 + 0,1273X2 + 5,3409 dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,464 dan koefisien determinasi sebesar 0,215. Harga Fhitung yang diperoleh sebesar 7,805 Ftabel yaitu 3,159 (pada db 2:57 dan p = 0,001). Sumbangan efektif kedua prediktor sebesar 21,498%. Sumbangan efektif waktu belajar di sekolah (X1) terhadap prestasi belajar kimia (Y) sebesar 0,233% dan sumbangan efektif aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran kimia (X2) terhadap prestasi belajar kimia (Y) sebesar 21,265%. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara waktu belajar di sekolah dengan prestasi belajar kimia, ada hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran kimia dengan prestasi belajar kimia, dan ada hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara waktu belajar di sekolah dan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran kimia dengan prestasi belajar kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Cth. Pembimbing : Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si,
Uncontrolled Keywords: waktu belajar, aktivitas belajar, pembelajaran kimia, dan prestasi belajar kimia
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2012 15:17
Last Modified: 18 Feb 2016 04:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3037

Actions (login required)

View Item View Item