Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebabnya Pada Mata Pelajaran Fisika Materi Usaha dan Energi untuk Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Bantul, Yogyakarta

Yunus Irfan Nugroho, NIM. 13690030 (2018) Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebabnya Pada Mata Pelajaran Fisika Materi Usaha dan Energi untuk Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Bantul, Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebabnya Pada Mata Pelajaran Fisika Materi Usaha dan Energi untuk Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Bantul, Yogyakarta)
13690030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] Text (Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebabnya Pada Mata Pelajaran Fisika Materi Usaha dan Energi untuk Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Bantul, Yogyakarta)
13690030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Mengetahui ada atau tidaknya miskonsepsi yang dialami oleh lima siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bantul (WN, SN, DL, ND, dan MP) pada mata pelajaran fisika materi usaha dan energi beserta subbabsubbab dari materi tersebut yang menjadi miskonsepsi, dan 2) Penyebab miskonsepsi yang dialami oleh kelima siswa tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah lima orang siswa (WN, SN, DL, ND, dan MP) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bantul, Yogyakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar soal pilihan ganda dengan respon Certainty of Response Index (CRI), lembar pedoman wawancara untuk siswa, dan lembar analisis buku teks pelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dengan metode Certainty of Response Index (CRI) yang dipadukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah 1) Lima siswa (WN, SN, DL, ND, dan MP) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bantul mengalami miskonsepsi pada materi usaha dan energi. Subbab yang menjadi miskonsepsi pada masing-masing siswa adalah konsep usaha, energi kinetik, energi potensial, hubungan usaha dan energi, dan hukum kekekalan energi mekanik. 2) Penyebab miskonsepsi yang berasal dari siswa adalah pemikiran asosiatif, pemikiran humanistik, dan penalaran yang kurang tepat. Penyebab miskonsepsi dari buku teks pelajaran adalah 13 kesalahan yang terdapat di buku teks tersebut dalam materi usaha dan energy

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Joko Purwanto, M.Sc
Uncontrolled Keywords: : Miskonsepsi, penyebab misonsepsi, usaha dan energi, Certainty of Response Index (CRI)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Oct 2018 07:35
Last Modified: 29 Oct 2018 07:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30374

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum