ASESMEN PEMBELAJARAN

Maemonah, . (2018) ASESMEN PEMBELAJARAN. Buku, - (Cet. 1). PGMI PRESS UIN SUKA, Yogyakarta. ISBN 978-602-61134-7-4

[img]
Preview
Image
Sampul Asesment Pembelajaran.jpg - Cover Image

Download (394kB) | Preview
[img] Archive (ASESMEN PEMBELAJARAN)
Maemonah - Asesmen pembelajaran.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Buku “Asesmen Pembelajaran” ini disusun, karena sejak era 1990-an, kelemahan evaluasi dengan menggunakan pola tes baku yang biasa digunakan pada evaluasi hasil belajar mulai dipertanyakan baik oleh akademisi pendidikan maupun praktisi pendidikan. Tes baku ini didasarkan pada prinsip-prinsip validitas, reliabilitas, keadilan dan kemanfaatannya, serta akurasi pengukuran hasil belajar. Tes baku ini dipersoalkan karena seakan-akan terpisah atau terisolir dari proses pembelajaran secara keseluruhan. Persoalan pokok yang berkembang pada saat itu terutama, pertama hubungan antara evaluasi dengan kurikulum dan proses pembelajaran, dan kedua hal yang berkaitan dengan evaluasi kinerja pembelajaran (learning performance). Untuk itu, muncul pola Asesmen Alternatif di kalangan ahli dan praktisi pendidikan. Asesmen Alternatif dianggap sebagai upaya untuk mengintegrasikan kegiatan pengukuran hasil belajar dengan keseluruhan proses pembelajaran, sehingga asesmen itu merupakan bagian yang tidak terpisah dari proses pembelajaran. Buku ini disusun sebagai usaha penulis untuk memberikan pemahaman tentang asesmen pembelajaran bagi guru, calon guru dan mahasiswa. Buku ini lahir atas kegelisahan penulis, selama membimbing dan melakukan proses pembelajaran tentang Asesmen Pembelajaran pada Program Magister FITK UIN Sunan Kalijaga. Buku ini tidak akan selesai, tanpa dukungan, dari berbagai pihak. Maka penulis mengucapkan terima kasih kepada ka. Prodi S2 PIAUD dan PGMI yang telah memberi kesempatan kepada penulis untuk memberikan Perkuliahan “Asesmen Pembelajaran”, Ibu Sri Sumarni sebagai kolega yang telah memberikan masukan pada RPS yang penulis susun, sebagai rancangan awal dalam penulisan buku ini. Terima kasih pula pada mbak Sasha (Jazariyah) yang telah membantu dalam penulisan buku ini.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, asesmen, pembelajaran, asesmen pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Administrasi Sekolah (School Administration)
Divisions: Buku
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Jul 2018 08:56
Last Modified: 26 Jul 2018 08:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30402

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum