EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED FREE INQUIRY (MFI) DISERTAI PEER TUTORING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

TITIN TRIASTUTI, NIM. 13670014 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED FREE INQUIRY (MFI) DISERTAI PEER TUTORING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED FREE INQUIRY (MFI) DISERTAI PEER TUTORING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA)
13670014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED FREE INQUIRY (MFI) DISERTAI PEER TUTORING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA)
13670014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain equivalent control group design yang bertujuan untuk mengkaji efektivitas dari penggunaan model pembelajaran modified free inkuiry disertai peer tutoring terhadap aspek kognitif dan sikap berpikir kritis siswa pada materi laju reaksi kelas XI semester ganjil MAN 3 Bantul Yogyakarta tahun pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI MIA yang terdiri dari dua kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Sampel yang diambil yaitu kelas XI MIA (sebagai kelas kontrol) dan XI MIA 2 (sebagai kelas eksperimen). Kajian efektivitas dari penggunaan model pembelajaran modified free inkuiry disertai peer tutoring terhadap aspek kognitif dilakukan dengan menggunakan metode tes. Intrumen yang digunakan yaitu soal essay untuk mengukur indikator berpikir kritis yaitu menganalisis argumen, mendefinisikan istilah dan mempertimbangkan definisi, memutuskan suatu tindakan, membuat dan menentukan hasil pertimbangan, dan mengidentifikasi asumsi. Data pretest dan posttest yang diperoleh diolah menjadi data N-gain. Data N-gain dianalisis dengan uji statistik parametrik dengan uji t. sedangkan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran terhadap berpikir kritis siswa. Sedangkan untuk kajian efektivitas dari penggunaan model pembelajaran modified free inkuiry disertai peer tutoring terhadap sikap berpikir kritis siswa dilakukan dengan metode observasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi. Analisis data skor sikap berpikir kritis siswa dilakukan dengan menghitung rata-rata skor setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran modified free inquiry disertai peer tutoring efektif terhadap kemampuan aspek kognitif dan sikap berpikir kritis. Hasil analisis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan aspek kognitif berpikir kritis siswa, dimana Sig. (2 tailed) sebesar 0,001. Dan berdasarkan hasil perhitungan effect size diperoleh nilai sebesar 0,9 sehingga pembelajaran dengan menggunakan model modified free inquiry disertai peer tutoring mempunyai pengaruh yang besar (effect tinggi). Hasil perhitungan rata-rata presentase skor lembar observasi sikap berpikir kritis siswa diperoleh nilai rata-rata yaitu kelas eksperimen sebesar 64,48 dan dikategorikan tinggi , sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai sebesar 53,03 dan dikategorikan cukup tinggi. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran modified free inkuiry disertai peer tutoring efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Asih Widi Wisudawati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Modified free Inquiry, model pembelajaran Peer tutoring dan berpikir kritis
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 26 Jul 2018 02:13
Last Modified: 26 Jul 2018 02:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30403

Actions (login required)

View Item View Item