PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN L-BOND TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA

NILAM NUR AMALIA, 14670044 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN L-BOND TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN L-BOND TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA)
14670044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN L-BOND TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA)
14670044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media pembelajaran L-Bond terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 5 Yogyakarta kelas X MIPA semester gasal tahun ajaran 2017/2018. Jenis peneitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Instrumen pengumpulan data untuk mengukur keterampilan berpikir kritis meliputi tes keterampilan berpikir kritis, lembar observasi, dan lembar respon siswa, sedangkan instrumen pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar menggunakan instrumen pretest dan posttest. Teknik analisis data tes keterampilan berpikir kritis menggunakan uji statistika yaitu uji independent sample t-test, teknik analisis data lembar observasi dan lembar respon siswa menggunakan skor acuan penilaian, sedangkan teknik analisis data hasil belajar menggunakan uji statistika nonparametrik yaitu uji Mann Whitney. Pada penelitian ini dilakukan juga analisis tahapan keterampilan berpikir kritis siswa meliputi klarifikasi, asesmen, inferensi, dan strategi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran LBond berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai sig(2-tailed) dari uji t < 0,05 yaitu sebesar 0,001. Akan tetapi, penggunaan media pembelajaran L-Bond tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil sig(2-tailed) dari uji Mann Whitney > 0,05 yaitu sebesar 0,338.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berpikir kritis, hasil belajar, media pembelajaran LBond
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 31 Oct 2018 02:39
Last Modified: 31 Oct 2018 02:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30411

Actions (login required)

View Item View Item