ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (PSO) DAN APLIKASINYA PADA MASALAH CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (CVRP)

MAULIDAUYUN FUADIYAH, NIM. 14610024 (2018) ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (PSO) DAN APLIKASINYA PADA MASALAH CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (CVRP). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (PSO) DAN APLIKASINYA PADA MASALAH CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (CVRP))
14610024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (PSO) DAN APLIKASINYA PADA MASALAH CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (CVRP))
14610024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) merupakan suatu per- masalahan yang berkaitan dengan penentuan rute optimal yang melibatkan lebih dari satu kendaraan dengan memperhatikan beberapa kendala untuk melayani se- jumlah agen sesuai permintaannya masing-masing dengan menambahkan kendala kapasitas kendaraan. Penelitian ini akan membahas mengenai konsep dan langkah algoritma particle swarm optimization (PSO) untuk menyelesaikan masalah CVRP dan menerapkan algoritma PSO dalam kasus pendistribusian zakat fitrah. Penyelesaian masalah CVRP dimulai dengan pembentukan kelompok (clus- tering) menggunakan algoritma sweep kemudian hasil setiap cluster dioptimalkan menggunakan algoritma PSO. Proses algoritma PSO dimulai dengan inisialisasi sis- tem untuk menentukan parameter yang akan digunakan. Kemudian membangkitkan posisi dan kecepatan awal secara random. Proses selanjutnya adalah menghitung nilai fungsi tujuan dan proses terakhir adalah menentukan Pbest atau posisi terbaik pada suatu partikel dan Gbest atau posisi terbaik untuk seluruh partikel. Pada tahap clustering didapatkan dua cluster atau dua rute kendaraan. Ke- mudian pada tahap pengoptimalan rute menggunakan algoritma PSO dengan 50 partikel dan iterasi sebanyak 1000 kali diperoleh total jarak tempuh kendaraan 28.05 km untuk kendaraan pertama dan 100.9 km untuk kendaraan kedua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Malahayati, S.Si.,M.Sc
Uncontrolled Keywords: Algoritma PSO, Algoritma Sweep, CVRP, Pendistribusian Zakat Fi- trah
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jul 2018 10:07
Last Modified: 26 Jul 2018 10:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30413

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum