KOMPARASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN TOLERANSI DALAM BUKU TEKS MATA PELAJARAN KE-NU-AN DAN KE-MUHAMMADIYAHAN TINGKAT MA/ SMA/ SMK

FIDA DURRATUL HABIBAH, NIM: 1420410128 (2018) KOMPARASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN TOLERANSI DALAM BUKU TEKS MATA PELAJARAN KE-NU-AN DAN KE-MUHAMMADIYAHAN TINGKAT MA/ SMA/ SMK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KOMPARASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN TOLERANSI DALAM BUKU TEKS MATA PELAJARAN KE-NU-AN DAN KE-MUHAMMADIYAHAN TINGKAT MA/ SMA/ SMK)
1420410128_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (KOMPARASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN TOLERANSI DALAM BUKU TEKS MATA PELAJARAN KE-NU-AN DAN KE-MUHAMMADIYAHAN TINGKAT MA/ SMA/ SMK)
1420410128_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Buku teks kekhasan dibawah organisasi besar Nahdlatul Ulama dengan ke- NU-annya dan Muhammadiyah dengan ke-Muhammadiyahannya memiliki kontribusi dalam mempengaruhi pemahaman pola pikir dan tingkah laku peserta didik. Karena buku teks tersebut materinya memfokuskan pada sejarah yaitu peran organisasi dalam berbangsa dan bernegara. Selain itu juga terdapat amalan warga Nahdliyah pada buku teks ke-NU-an dan amalan warga Muhammadiyah pada buku teks ke-Muhammadiyahan. Maka dari itu, isi buku teks sangat penting diteliti apakah telah mencerminkan realitas yang toleran ataukah sebaliknya. Penelitian ini memfokuskan pada dua hal yaitu: Pertama, menggali nilai-nilai pendidikan toleransi pada buku teks yang digunakan sebagai bahan ajar dalam muatan lokal mata pelajaran kekhasan yaitu mata pelajaran ke-NU-an dan ke- Muhammadiyahan. Kedua, mengkomparasikan nilai-nilai pendidikan toleransi dalam buku teks ke-NU-an dan buku ke-Muhammadiyahan tingkat MA/SMA/SMK. Penelitian ini masuk penelitian pustaka (library research) yang bersifat kualitatif-deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah memakai pendekatan historis-komparatif. Metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah metode deskriptif- constan comparative analysis-content analysis. Dan pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kedua buku teks sudah memuat nilai-nilai pendidikan toleransi dalam uraian materi. Nilai-nilai pendidikan toleransi hasil analisis dari komparasi kedua buku antara lain: (1) nilai kebebasan agama, yakni mendakwahkan agama Islam dengan cara amar makruf nahi munkar. (2) nilai menghormati keyakinan orang lain, yakni mentolerir perbedaan pendapat tentang furuiyyah dan muamalah ijtimaiyyah selama tidak bertentangan dengan prinsip agama. (3) nilai mengakui hak setiap orang, yakni menempatkan seseorang pada posisi yang adil sesuai potensi dan keahliannya. (4) nilai agree in disagreement, yakni umat Islam diperintahkan bersikap moderat dalam menghadapai berbagai perbedaan. (5) Nilai saling mengerti, yakni menganjurkan untuk selalu tabayyun terhadap suatu permasalahan dengan melakukukan bahsul masail dalam istilah NU, dan dialog dalam istilah Muhammadiyah. Jika dibandingkan kedua buku teks secara keseluruhan, nilai pendidikan toleransi pada buku ke-Muhammadiyahan lebih mendominasi ketimbang buku teks ke-NU-an. Uraian materi nilai-nilai pendidikan toleransi pada kedua buku teks tidak ada perbedaan yang signifikan. Implikasi buku teks sangat berdampak terhadap pemahaman peserta didik. maka dari itu perlu kiranya membangun pemahaman yang toleran, menjunjung tinggi nilai demokrasi dan menyemarakkan semangat toleransi dalam membangun Indonesia tercinta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Muqowim, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Toleransi, buku teks ke-NU-an dan buku teks ke-Muhammadiyahan
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 26 Jul 2018 11:44
Last Modified: 26 Jul 2018 11:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30422

Actions (login required)

View Item View Item