KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS AWAL (ANALISIS KONTEN TERHADAP DOKUMEN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA DAN MALAYSIA)

LUTHFI QORIATUL HASANAH, NIM. 14.204.11178 (2018) KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS AWAL (ANALISIS KONTEN TERHADAP DOKUMEN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA DAN MALAYSIA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS AWAL (ANALISIS KONTEN TERHADAP DOKUMEN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA DAN MALAYSIA))
1420411178_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS AWAL (ANALISIS KONTEN TERHADAP DOKUMEN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA DAN MALAYSIA))
1420411178_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Kelas Awal, (Analisis Konten terhadap Dokumen Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia dan Malaysia). Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam PBA Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh besarnya pengaruh kurikulum dalam pembelajaran, khususnya bahasa Arab, sehingga kurikulum harus dikembangkan sedemikian rupa demi tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada kurikulum pembelajaran bahasa Arab kelas awal (1-3) di Indonesia dan Malaysia. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kurikulum pembelajaran bahasa Arab di Indonesia dan Malaysia ditinjau dari tujuan, materi, metode, evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian berbentuk Library Research bersifat kualitatif dan mengambil objek penelitian dokumen kurikulum pembelajaran bahasa Arab di Indonesia dan Malaysia. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum pembelajaran bahasa Arab di Indonesia dan di Malaysia memiliki tujuan untuk memiliki empat kemahiran bahasa, namun belum sampai pada tahap berinteraksi dan berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulisan. Materi yang disajikan merupakan kata atau teks dengan tema diri sendiri dan kehidupan sekitar. Metode yang digunakan di Indonesia yaitu metode pembelajaran, di Malaysia menggunakan metode inquiry, kooperatif, STEM, dll. Evaluasi di Indonesia menggunakan penilaian diri/penilaian antar teman, jurnal, observasi, tugas, portofolio, dan tes tertulis, sedangkan di Malaysia evaluasi dilaksanakan dalam penilaian sumatif dan formatif dengan standard prestasi 1-6.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Kurikulum Indonesia dan Malaysia, CEFR
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jul 2018 14:00
Last Modified: 26 Jul 2018 14:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30427

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum