MANAJEMEN PENDIDIKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MAN YOGYAKARTA III TAHUN PELAJARAN 2016/2017

HANIK BAROROH, NIM. 1520410041 (2017) MANAJEMEN PENDIDIKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MAN YOGYAKARTA III TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MAN YOGYAKARTA III TAHUN PELAJARAN 2016/2017)
1520410041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MAN YOGYAKARTA III TAHUN PELAJARAN 2016/2017)
1520410041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fokus kajian pada penelitian ini dilatar belakangi dari munculnya berbagai bentuk kekerasan yang cukup beragam di sekolah yang timbul karena adanya keberagaman yang terjadi antar siswa dalam berbagai hal, sehingga sangat diperlukan adanya pendidikan nilai-nilai multikultural dalam pembentukan karakter religius yang melibatkan serangkaian proses manajemen di sekolah. Tujuannya yaitu untuk mewujudkan siswa menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif. Penentuan narasumber dilakukan dengan teknik purposive sampling dan snowballing sampling. Teknik pengumpulan data dengan teknik: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan uji validitas data memakai teknik trianggulasi data berupa trianggulasi teknik dan sumber. Adapun teknik analisis datanya dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang pertama, dalam pelaksanaan manajemen pendidikan nilai-nilai multikultural di MAN Yogyakarta III meliputi empat tahap, yaitu perencanaan yang dilaksanakan melalui tiga proses, pengorganisasian yang terdiri dari dua kelompok, penggerakan yang terdiri dari dua bentuk penggerakan, dan pengawasan yang dibagi menjadi dua bentuk pengawasan. Kedua, implementasi nilai-nilai pendidikan multikulural dalam pembentukan karakter religius dilakukan melalui tiga proses yaitu kegiatan rutin yang diterapkan melalui tiga kegiatan, kegiatan spontan yang diadakan pada waktu tertentu, dan pengondisian yang diterapkan melalui berbagai tulisan yang memotivasi. Ketiga, membahas kekuatan (strengths) dan kelemahan (weakness) dalam manajemen penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembentukan karakter religius siswa, yaitu kekuatan terdiri dari sekolah adiwiyata, madrasah dengan SMM ISO 9001/2008 dan berakreditasi A, RMU, multiekstrakurikuler, memiliki kegiatan SKN, rapat SIGMA, terdapat berbagai tulisan yang memotivasi di lorong madrasah, serta memiliki asrama, kemudian kelemahannya terdiri dari program kerja melalui proses rasionalisasi, struktur organisasi belum diperbarui, gedung masjid belum dapat menampung semua siswa, sistem pengelolaan asrama terkait makan dan kebersihan belum cukup baik, serta kuota asrama masih terbatas, dan pengelolaan asrama dan madrasah berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Maemonah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan, Pendidikan Nilai-nilai Multikultural, Pembentukan Karakter Religius
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jul 2018 14:39
Last Modified: 26 Jul 2018 14:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30433

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum