PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP AKHLAK DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA UII YOGYAKARTA

IRWANSYAH SUWAHYU, NIM. 1520410048 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP AKHLAK DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA UII YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP AKHLAK DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA UII YOGYAKARTA)
1520410048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP AKHLAK DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA UII YOGYAKARTA)
1520410048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (838kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap akhlak dan prestasi belajar peserta didik di SMA UII Yogyakarta. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh-pengaruh negatif dan positif yang muncul dari penggunaan media sosial. Pengaruh tersebut kemudian akan dianalisa dengan akhlak dan juga prestasi belajar para peserta didik di SMA UII Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kombinasi. Model yang digunakan dalam penelitian kombinasi ini adalah model sequential explanatory dimana tahap pertama akan digunakan metode kuantitatif dan pada tahap kedua memakai metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMA UII Yogyakarta. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket, observasi, data dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1) Angka penggunaan media sosial peserta didik di SMA UII Yogyakarta adalah tinggi. Hal ini dibuktikan dari jumlah akun yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik yang banyak dan juga intensitas penggunaan media sosial yang terlalu sering dalam sehari. 2) Munculnya beberapa sifat yang kurang baik dari peserta didik yang timbul akibat terlalu sering berinteraksi di media sosial seperti malas, boros, hilangnya rasa malu, dan lain-lain. 3) Tidak adanya batasan di dalam penggunaan media sosial menjadikan peserta didik lebih sering mengabaikan hal-hal yang positif, seperti sebagian peserta didik sibuk mengakses media sosialnya saat guru sedang menjelaskan materi pelajaran. Hal ini kemudian menjadikan prestasi belajar peserta didik menurun yang dibuktikan dengan nilai UTS peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial yang berlebihan oleh para peserta didik akan sangat mempengaruhi akhlak dan prestasi belajarnya ke arah yang negatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Sumedi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Sosial, Akhlak, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jul 2018 14:52
Last Modified: 26 Jul 2018 14:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30435

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum