KONSEP EKOLOGI BERDASARKAN SUNNATULLAH SEBAGAI LANDASAN PEMBENTUKAN INSAN KAMIL DAN RELEVANSINYA DENGAN NILAI PAI

MUHAMMAD ZAHRUL FIKRI, NIM . 1520411016 (2017) KONSEP EKOLOGI BERDASARKAN SUNNATULLAH SEBAGAI LANDASAN PEMBENTUKAN INSAN KAMIL DAN RELEVANSINYA DENGAN NILAI PAI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP EKOLOGI BERDASARKAN SUNNATULLAH SEBAGAI LANDASAN PEMBENTUKAN INSAN KAMIL DAN RELEVANSINYA DENGAN NILAI PAI)
1520411016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSEP EKOLOGI BERDASARKAN SUNNATULLAH SEBAGAI LANDASAN PEMBENTUKAN INSAN KAMIL DAN RELEVANSINYA DENGAN NILAI PAI)
1520411016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Secara umum, penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin menurunnya kesadaran bagi sebagian besar umat Islam akan fungsi kekhalifahannya di muka bumi ini. Bumi Langit Farm menjadi contoh nyata sebuah kehidupan yang sangat menghargai setiap makhluk Allah yang ada di bumi ini. Dengan prinsip-prinsip Islam yang dipadukan dengan teknologi yang ramah lingkungan, Bumi Langit Farm terus berusaha menciptakan hubungan yang saling bersinergi baik antara manusia dengan Allah, dengan sesama, maupun dengan alam. Penelitian ini bertujuan menganalisis aplikasi hubungan timbal balik antara manusia dengan alam, sejauh mana konsep ekologi yang berdasarkan sunnatullah dapat membentuk manusia yang kamil di Bumi Langit Farm, dan menemukan kesesuaian nilai-nilai dari aplikasi konsep tersebut dengan nilai-nilai pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan datanya, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk mendapatkan keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Bentuk hubungan timbal manusia dengan alam di Bumi Langit Farm tergambar melalui kerja sama mutual keduanya yang mampu menghasilkan kemaslahatan bersama, baik bagi manusia itu sendiri maupun bagi alam. 2) Konsep ekologi yang berdasarkan sunnatullah di Bumi Langit Farm bisa membantu seseorang dalam menemukan landasanlandasan penting dalam membentuk manusia yang kamil serta mengembalikan kesadaran manusia sebagai khalifah fil ardhi. Landasan-landasan tersebut meliputi landasan dalam hubungannya manusia dengan Allah (penguatan akidah), landasan dalam hubungannya manusia dengan sesama manusia, dan landasan dalam hubungannya manusia dengan alam. Kesemuanya dimulai dari bagaimana perilaku kita terhadap alam. 3) Ada beberapa kesesuaian konsep ekologi yang berdasarkan sunnatullah di Bumi Langit Farm tersebut dengan nilai pendidikan agama Islam (PAI). Di antaranya ialah nilai kemandirian, kesederhanaan dan rasa syukur kepada Allah, nilai kebebasan dalam menggali sesuatu dan mengekspresikan kemauan, nilai penyadaran kembali terhadap fungsi kekhalifahan dan dakwah bil hikmah, nilai pembiasaan bersikap husnuzzan dan pembiasaan berdo’a, nilai keseimbangan antara akidah dengan akhlak yang dikembangkan melalui kecintaan kita terhadap lingkungan alam dan sesama manusia, nilai ketawakkalan, memberi tanpa pamrih, dan persaudaraan antar makhluk, serta nilai kepedulian terhadap bumi, sesama, masa depan bagi generasi berikutnya, dan berbagi keadilan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Mahmud Arif, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Ekologi, Pendidikan Agama, Sunnatullah
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jul 2018 15:16
Last Modified: 26 Jul 2018 15:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30438

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum