PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PEREDARAN MINUMAN KERAS OPLOSAN DI KOTA YOGYAKARTA (STUDI DI POLRESTA YOGYAKARTA)

RAHMAT KURNIAWAN, NIM. 11340050 (2018) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PEREDARAN MINUMAN KERAS OPLOSAN DI KOTA YOGYAKARTA (STUDI DI POLRESTA YOGYAKARTA). Other thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PEREDARAN MINUMAN KERAS OPLOSAN DI KOTA YOGYAKARTA (STUDI DI POLRESTA YOGYAKARTA))
11340050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PEREDARAN MINUMAN KERAS OPLOSAN DI KOTA YOGYAKARTA (STUDI DI POLRESTA YOGYAKARTA))
11340050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Minuman beralkohol dalam masyarakat biasa disebut minuman keras. Minuman keras atau beralkohol merupakan salah satu permasalahan klasik yang di alami sebagian besar masyarakat di seluruh wilayah indonesia, yang mana masalah minuman beralkohol ini dinilai sangat meresahkan bahkan merugikan masyarakat yang hingga kini belum ada solusi yang tepat untuk menghilangkan kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol. Penyebarannya yang kian meluas diseluruh kalangan masyarakat tanpa memandang status ekonomi dan batas usia. Semakin maraknya tindak kejahatan yang terjadi seperti penganiyayaan, perampokan, perkelahian, pemerkosaan bahkan pembunuhan diakibatkan dari bermulanya pelaku mengkonsumsi minuman beralkohol. Diharap dengan adanya payung hukum yang mengatur tentang peredaran minuman beralkohol dapat mengurangi jumlah pelanggaran maupun tindak kejahatan yang diakibatkan dari mengkonsumsi minuman keras. Disini penyusun dalam menyusun skripsi ini melakukan penelitian lapangan (field research), penelitian dilaksanakan di Polresta Yogyakarta dengan sasaran data berupa informasi dari wawancara yang dilakukan dengan aparat kepolisisan yang bertugas, dan penelitian ini bersifat deskriptif/ analitis, yakni mendeskripsikan dan menganalisis upaya yang dilakukan pihak kepolisian dalam memberantas peredaran minuman keras dan minuman keras oplosan di kota yogyakarta dan apakah upaya penegakan hukum yang dilakukan oleh aparat kepolisian kota yogyakarta telah memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dengan hasil penelitian ini penyususn mendapatkan beberapa hasil atau upaya yang dilakukan pihak kepolisian dama membrantas peredaran minuman keras oplosan yang pertama pihak kepolisisan melakukan upaya tindakan persuasive dimana pihak polresta yogyakart melalulan penyuluhan, memberikan arahan kepada masyarakat tentang bahaya minuman keras dan minuman keras oplosan dan upaya yang kedua pihak polresta yogyakrata melakukan upaya tindakan represif, dimana pihak polresta yogyakarta melakukan penyelidikan, penggeledahan, serta penangkapan jika terjadi indikasi tindak pidana peredaran minuman keras dan minuman keras oplosan, dan pihak kepolisian memakai dasar hukum yang digunakan dalam memberantas peredana minuman keras dengan Pasal 204 ayat (1), Pasal 205 ayat (1), Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) serta Pasal 140 Undang undang Nomor 18 Tahun 2012 Tentang Pangan.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. H. Makhrus Munajat, SH, M,M.Hum
Uncontrolled Keywords: Minuman keras, Norma, Tindak pidana
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 27 Jul 2018 03:28
Last Modified: 27 Jul 2018 03:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30442

Actions (login required)

View Item View Item