PROFESIONALITAS PENDAMPING DESA DALAM PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN PEMANTAUAN TERHADAP PEMBANGUNAN DESA DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DI DESA PAKANDANGAN BARAT KECAMATAN BLUTO KABUPATEN SUMENEP

MOH. ARIYANTO, NIM. 11340154 (2018) PROFESIONALITAS PENDAMPING DESA DALAM PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN PEMANTAUAN TERHADAP PEMBANGUNAN DESA DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DI DESA PAKANDANGAN BARAT KECAMATAN BLUTO KABUPATEN SUMENEP. Other thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROFESIONALITAS PENDAMPING DESA DALAM PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN PEMANTAUAN TERHADAP PEMBANGUNAN DESA DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DI DESA PAKANDANGAN BARAT KECAMATAN BLUTO KABUPATEN SUMENEP)
11340154_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PROFESIONALITAS PENDAMPING DESA DALAM PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN PEMANTAUAN TERHADAP PEMBANGUNAN DESA DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DI DESA PAKANDANGAN BARAT KECAMATAN BLUTO KABUPATEN SUMENEP)
11340154_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Pendamping desa memiliki ruang strategis dalam pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa setelah lahirnya Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Kompetensi pendamping desa telah diatur dalam Pasal 24 Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 3 Tahun 2015 tentang Pendampingan Desa. Tentu tidak sesuai bila penempatan sumber daya manusia dari pendamping desa ini dilakukan tanpa dasar kemampuan dan pengetahuan yang sesuai kompetensi menurut aturan yang ada. Utamanya di Desa Pakandangan Barat Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep dimana dijumpai kondisi; Pertama, tingkat pendidikan beberapa aparatur desa hanya sekolah dasar dan sebagian hanya sekolah menengah atas. Kedua, culture yang sudah lama ada di Desa Pakandangan Barat yang jauh dari pusat kota maju, dimana penyelenggaraan pemerintahan desa masih didominasi oleh tradisi dan adat-istiadat yang terkadang berbenturan dengan tujuan adanya pendamping desa. Oleh karena itu penyusun hendak meneliti bagaimanakah profesionalitas pendamping desa dan kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan terhadap pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa di Desa Pakandangan Barat Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Dalam penelitian ini penyusun menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan yuridis-empiris. Data yang diambil langsung melalui wawancara, observasi, dan melalui telaah pustaka/dokumen serta kajian atas peraturan-peraturan terkait. Penelitian ini bersifat deskriptif-analitik yakni mengurai fakta-fakta, situasi atau kejadian-kejadian dan menganalisisnya dengan teori dan logika hukum (normatif). Hasil penelitian profesionalitas pendamping desa dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan terhadap pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa di Desa Pakandangan Barat Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep telah sesuai dengan kompetensi pendamping desa Pasal 24 Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 3 Tahun 2015 tentang Pendamping Desa dan SOP pendamping lokal desa menurut Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Tidak sesuainya profesionalitas pendamping desa berada pada tidak terfasilitasinya kerjasama antar desa di kecamatan Bluto dikarenakan belum adanya BUMDes dan belum adanya regulasi yang mengatur secara jelas tentang bentuk kerjasama yang dilakukan antar desa, hanya sebatas instruksi pemerintah kabupaten untuk melakukan kesepakatan-kesepakatan bagi yang memiliki BUMDes.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information / Pembimbing: NURAINUN MANGUNSONG, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Profesionalitas, Pendamping Desa, Pembangunan Desa, Pemberdayaan Masyarakat Desa
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 27 Jul 2018 03:34
Last Modified: 27 Jul 2018 03:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30443

Actions (login required)

View Item View Item