TINJAUAN YURIDIS-SOSIOLOGI TERHADAP USAHA MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH ( STUDI KASUS PANDANGAN M. NAWAWI PEMENANG JUARA I KELUARGA SAKINAH TELADAN TINGKAT PROVINSI DI. YOGYAKARTA TAHUN 2015 )

AHMAD FATONI, NIM. 13350030 (2018) TINJAUAN YURIDIS-SOSIOLOGI TERHADAP USAHA MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH ( STUDI KASUS PANDANGAN M. NAWAWI PEMENANG JUARA I KELUARGA SAKINAH TELADAN TINGKAT PROVINSI DI. YOGYAKARTA TAHUN 2015 ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN YURIDIS-SOSIOLOGI TERHADAP USAHA MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH ( STUDI KASUS PANDANGAN M. NAWAWI PEMENANG JUARA I KELUARGA SAKINAH TELADAN TINGKAT PROVINSI DI. YOGYAKARTA TAHUN 2015 ))
13350030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN YURIDIS-SOSIOLOGI TERHADAP USAHA MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH ( STUDI KASUS PANDANGAN M. NAWAWI PEMENANG JUARA I KELUARGA SAKINAH TELADAN TINGKAT PROVINSI DI. YOGYAKARTA TAHUN 2015 ))
13350030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Setiap pasangan mendambakan kehidupan keluarga yang Sakinah. Keluarga Sakinah adalah sebuah keluarga yang diliputi rasa damai, tentram dan bahagia. Secara teoritis membangun Keluarga Sakinah merupakan suatu hal yang sulit dilakukan ketika perkembangan perilaku pasangan suami istri pada masa kini, ditambah dengan fenomena kasus yang terjadi di masyarakat seperti nikahhamil, pemerkosaan maupun kekerasan dalam rumah tangga. Namun melihat fenomena kasus yang demikian, bukan berarti konsep Keluarga Sakinah tidak bisa diwujudkan. Masyarakat memerlukan tokoh Keluarga Sakinah Teladan sebagai peredam konflik dan sebagai teladan bagi pasangan suami istri untuk menyelesaikan konflik agar dapat mempertahankan keutuhan keluarganya. Melihat problematika tersebut penyusun tertarik untuk meneliti usaha-usaha dalam mewujudkan Keluarga Sakinah (studi kasus Pandangan M. Nawawi Pemenang Juara I lomba Keluarga Sakinah Teladan tingkat propinsi D.I Yogyakarta tahun 2015). Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan terjun langsung ke lokasi yang menjadi objek penelitian. Penelitian lapangan ini meliputi observasi dan wawancara kepada tokoh Keluarga Sakinah teladan yaitu M. Nawawi dan anggota keluarganya. Penelitian ini bersifat Deskriptif-Analitik. Deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu sistem pemikiran atau suatu kelas pemikiran pada masa sekarang, tujuannya adalah untuk menggambarkan usaha-usaha M. Nawawi dalam mewujudkan Keluarga Sakinah dan Relevansi dengan Program Pembinaan Keluarga Sakinah. Analitik adalah menganalisis usaha-usaha dalam mewujudkan Keluarga Sakinah berdasarkan tinjauan Yuridis-Sosiologi. Berdasarkan penilitian yang telah dilakukan bersama narasumber, penyusun dapat mengambil kesimpulan bahwa usaha-usaha mewujudkan Keluarga Sakinah menurut M. Nawawi (Juara 1 lomba Keluarga Sakinah Teladan) meliputi 6 hal, yaitu (1) Disiplin dalam ibadah (2) Saling pengertian (3) Menyelesaikan permasalahan dengan bermusyawarah (4) Menasehati keluarga (5) Membangun toleransi terhadap masyarakat (6) Amar makruf nahi mungkar. Setelah dianalisis berdasarkan tinjauan Yuridis-Sosiologi usaha-usaha M. Nawawi dalam mewujudkan Keluarga Sakinah telah sesuai dengan peraturan perlombaan Keluarga Sakinah Teladan tingkat Provinsi sehingga beliau mendapat predikat juara 1 Keluarga Sakinah Teladan dan Relevansi dengan Program Pembinaan Keluarga Sakinah, maka keberhasilan M. Nawawi dalam mewujudkan Keluarga Sakinah sudah relevan atau sejalan sesuai dengan Program Gerakan Pembinaan Keluarga Sakinah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. H. Khoiruddin Nasution M.A
Uncontrolled Keywords: yuridis, sosiologi, keluarga
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 27 Jul 2018 04:17
Last Modified: 27 Jul 2018 04:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30457

Actions (login required)

View Item View Item