PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN ACADEMIC SKILL SISWA KELAS VII C SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK

WARSITO - 04461123, (2009) PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN ACADEMIC SKILL SISWA KELAS VII C SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN ACADEMIC SKILL SISWA KELAS VII C SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK )
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN ACADEMIC SKILL SISWA KELAS VII C SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK )
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 3 Depok dengan project based learning, dan mengetahui peningkatan academic skill siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 3 Depok dengan project based learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara kolaboratif dan partisipatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 3 Depok. Objek penelitian ini adalah aktivitas dan academic skill siswa dalam penerapan project based learning di kelas VII C SMP Muhammadiyah 3 Depok. Desain penelitian menggunakan model spiral Hapkins. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, siklus I terdiri 2 kali pertemuan, dan siklus II terdiri 2 kali pertemuan. Data penelitian diperoleh dari lembar observasi untuk aktivitas belajar siswa sedangkan academic skill siswa dengan lembar observasi dan lembar evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan project based learning, tingkat aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika di kelas mengalami peningkatan. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu siswa lebih berani untuk mempresentasikan hasil proyek, mengajukan pertanyaan, menjawab atau menanggapi pertanyaan, dan siswa lebih memperhatikan saat kelompok lain mempresentasikan hasil proyek. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 35,42% dalam kategori rendah menjadi 71,88% dalam kategori tinggi pada siklus II. Tingkat Academic skill siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu siswa lebih mampu untuk mengidentifikasi variabel, menghubungkan antar variabel, merumuskan hipotesis, dan siswa bisa merancang dan melakukan penelitian. Academic skill siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 40,37% dalam kategori cukup menjadi 66,71% dalam kategori baik pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Thaqibul Fikri N., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sains, Project Based Learning, Aktivitas Belajar, Academic Skill
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 02 Jan 2013 14:27
Last Modified: 07 Dec 2016 06:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3046

Actions (login required)

View Item View Item