EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SAKSI MAHKOTA DALAM ACARA PEMBUKTIAN DI PERSIDANGAN (STUDI PUTUSAN NOMOR 35/PID.B/2017/PN.YYK)

DWI NUR SHOFIYAH, NIM. 14340043 (2018) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SAKSI MAHKOTA DALAM ACARA PEMBUKTIAN DI PERSIDANGAN (STUDI PUTUSAN NOMOR 35/PID.B/2017/PN.YYK). Other thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SAKSI MAHKOTA DALAM ACARA PEMBUKTIAN DI PERSIDANGAN (STUDI PUTUSAN NOMOR 35/PID.B/2017/PN.YYK))
14340043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SAKSI MAHKOTA DALAM ACARA PEMBUKTIAN DI PERSIDANGAN (STUDI PUTUSAN NOMOR 35/PID.B/2017/PN.YYK))
14340043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Saksi Mahkota merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menyebut seorang terdakwa yang dijadikan sebagai saksi yang dilakukan bersama-sama dengan terdakwa lainnya yang melakukan sebuah tindak pidana. Saksi Mahkota digunakan karena kurangnya alat bukti, adanya splitsing, dan penyertaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan dan kekuatan alat bukti saksi mahkota oleh penuntut umum dalam acara pembuktian di persidangan (studi putusan nomor 35/Pid.B/2017/PN.Yyk). Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan sifat penelitian deskriptif analitis guna menganalisis putusan nomor 35/Pid.B/2017/PN.Yyk dengan melakukan pendekatan yuridis dan empiris. Penelitian di laksanakan di kota Yogyakarta, yaitu di Pengadilan Negeri Yogyakarta dan Kejaksaan Negeri Yogyakarta dengan mengambil data dan melakukan wawancara dengan Hakim dan Penuntut Umum yang menangani perkara ini serta menelaah buku-buku, literatur dan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan masalah-masalah yang akan dibahas dalam skripsi ini. Dari penelitian yang dilakukan, penyusun mendapatkan hasil bahwa penggunaan saksi mahkota merupakan hal yang lazim terjadi dalam praktik persidangan meskipun ketentuannya belum diatur dalam Undang-undang secara jelas. Namun, dalam penggunaannya terdapat beberapa syarat agar dapat menghadirkan saksi mahkota dalam persidangan. Penggunaan saksi mahkota akan sangat efektif apabila terdapat kekurangan alat bukti, sehingga dengan adanya saksi mahkota dapat memenuhi syarat minimum alat bukti dalam persidangan. Seperti halnya alat bukti saksi pada umumnya, saksi mahkota memiliki kekuatan yang sah dan dapat dipertanggungjawabkan karena telah memenuhi syarat-syarat untuk dijadikan alat bukti.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: BUDI RUHIATUDIN, S.H., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembuktian, dan Saksi Mahkota.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2018 14:02
Last Modified: 27 Jul 2018 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30465

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum