TINJAUAN SOSIO-YURIDIS TERHADAP PEMENANG KELUARGA SAKINAH TELADAN TINGKAT NASIONAL DI KECAMATAN DEPOK SLEMAN

AGUSTIN SULTHONAH, NIM. 14350004 (2018) TINJAUAN SOSIO-YURIDIS TERHADAP PEMENANG KELUARGA SAKINAH TELADAN TINGKAT NASIONAL DI KECAMATAN DEPOK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN SOSIO-YURIDIS TERHADAP PEMENANG KELUARGA SAKINAH TELADAN TINGKAT NASIONAL DI KECAMATAN DEPOK SLEMAN)
14350004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN SOSIO-YURIDIS TERHADAP PEMENANG KELUARGA SAKINAH TELADAN TINGKAT NASIONAL DI KECAMATAN DEPOK SLEMAN)
14350004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Keluarga sakinah teladan adalah keluarga yang falsafah hidupnya mengacu pada ajaran agama dan menjadi contoh bagi keluarga lain karena keteladanan yang timbul. Pemenang keluarga sakinah teladan tingkat nasional pada tahun 2016 merupakan warga Dusun Dero Desa Condongcatur, Kecamatan Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta. Keadaan Dusun Dero mempunyai kehidupan yang agamis dan menjunjung tinggi toleransi. Hubungan masyarakat terjalin dengan baik, sehingga keteraturan hidup bermasyarakat dapat terwujud. Desa Condongcatur adalah tempat penyusun melakukan penelitian, dimana di desa itulah terdapat satu keluarga yang dinobatkan sebagai keluarga sakinah teladan oleh pemerintah di tingkat nasional. Terpilihnya keluarga tersebut melalui penilaian dan seleksi dengan keluarga di Indonesia. Adapun fungsi dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola hidup berkeluarga dan bermasyarakat sebagai pemenang keluarga sakinah teladan di Kecamatan Depok, Sleman dan untuk menjelaskan bagaimana tinjauan sosioantropologi terhadap pemenang keluarga sakinah teladan di Kecamatan Depok, Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, peneliti melakukan observasi langsung ke lapangan untuk pengumpulan data, hasil penelitian disajikan secara deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data yang penyusun gunakan adalah wawancara dengan subjek penelian dan warga masyarakat di lokasi penelitian, kepustakaan untuk menemukan referansi dalam penyusunan laporan penelitian dan dokumentasi terhadap hal-hal yang bersangkutan dengan penelitian. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis, melihat secara langsung di kehidupan nyata dan dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dalam bentuk penjelasan berupa kalimat-kalimat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan-kegiatan sosial kemasysrakatan dan kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh keluarga sakinah merupakan suatu yang sudah dilakukan sejak lama. Menurut sosiologi yaitu konsep habitus dan lingkungan, apa yang dilakukan oleh keluarga sakinah teladan sesuai dengan teori tersebut. Begitu juga dalam aturan perundang-undangan tentang program pembinaan keluarga, dalam proses pemilihan keluarga sakinah teladan sudah sesuai dengan aturan yang ada. Kesimpulannya adalah keluarga sakinah teladan sesuai dengan teori sosiologi yang penyususn gunakan dan tidak menyimpang dari aturan perundang-undangan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. H. Khoirudin Nasution, M. A.,
Uncontrolled Keywords: keluarga sakinah teladan, sosiologis, aturan
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 27 Jul 2018 07:07
Last Modified: 27 Jul 2018 07:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30466

Actions (login required)

View Item View Item