PENGAWASAN DANA DESA MELALUI SISTEM INFORMASI DESA (SID) DALAM MEWUJUDKAN PEMERINTAHAN DESA YANG BAIK (GOOD GOVERNANCE) (STUDI DESA PANGGUNGHARJO, KECAMATAN SEWON, KABUPATEN BANTUL )

R. MUHAMMAD RIDWAN FAHRUDIN, NIM. 14340107 (2018) PENGAWASAN DANA DESA MELALUI SISTEM INFORMASI DESA (SID) DALAM MEWUJUDKAN PEMERINTAHAN DESA YANG BAIK (GOOD GOVERNANCE) (STUDI DESA PANGGUNGHARJO, KECAMATAN SEWON, KABUPATEN BANTUL ). Other thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGAWASAN DANA DESA MELALUI SISTEM INFORMASI DESA (SID) DALAM MEWUJUDKAN PEMERINTAHAN DESA YANG BAIK (GOOD GOVERNANCE) (STUDI DESA PANGGUNGHARJO, KECAMATAN SEWON, KABUPATEN BANTUL ))
14340107_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENGAWASAN DANA DESA MELALUI SISTEM INFORMASI DESA (SID) DALAM MEWUJUDKAN PEMERINTAHAN DESA YANG BAIK (GOOD GOVERNANCE) (STUDI DESA PANGGUNGHARJO, KECAMATAN SEWON, KABUPATEN BANTUL ))
14340107_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Dana Desa merupakan salah satu bagian dari sumber keuangan yang ada di desa. Rincian dana yang diterima oleh Desa Panggungharjo pada Tahun 2016 sebesar Rp. 871.642.000, sedangkan dalam Tahun 2017 Rp. 1.119.349.000. Hal ini megalami peningkatan dari tahun ke tahun dimana kebijakan Presiden Joko Widodo yang memiliki Program Nawacita “membangun Indonesia dari daerah pinggiran.” Karenanya dana desa yang digulirkan seharusmya dapat berkontribusi bagi peningkatan pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu pengawasan merupakan hal penting dalam menjaga dana tersebut agar tepat pada hasil realisasi anggaran yang diinginkan. Terlebih lagi dengan adanya Sistem Informasi Desa dapat dioptimalkan Pemerintahan Desa Panggungharjo dalam melakukan pelayanan sehari-hari. Hal tersebut sebagai wujud untuk mengubah reformasi birokrasi dengan meningkatkan pelayanan ke arah yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan studi lapangan (field research), teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dengan Kepala Desa Panggungharjo, Aparat Pemerintahan Desa, maupun perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan Yuridis-Empiris yaitu dengan mendekatkan masalah dengan melihat prinsipprinsip hukum yang berkaitan dengan peraturan perundang-undangan dan kemudian dibandingkan dengan data yang di dapat secara langsung dilapangan. Sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif analisis, dengan menggambarkan keadan pengawasan dana desa, kemudian di analisis dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pemerintahan Desa Panggungharjo sudah melaksanakan pengelolaan dana desa dengan baik. Pengawasan yang dilakukan bekerja sama dengan lembaga lain semisal Badan Permusyawaratan Desa, Badan Pemeriksaan Keuangan dan Pembangunan, Badan Pembinaan Ketertiban Masyarakat Sewon. Adapun untuk Pengawasan juga dilakukan secara langsung berbasis media internet melalui Sistem Informasi Desa. Dari hasil penelitian yang ada, masyarakat dapat mengakses data dengan cepat, dan pemerintahpun dalam memberikan respon juga semakin cepat. Pelayanan dan informasi yang diberikan kepada masyarakat juga semakin cepat, sehingga nilai-nilai dari asas pemerintahan yang baik dapat terwujud. Untuk meningkatan pengelolaan sistem informasi desa yang baik, maka dibutuhkanpula sumber daya manusia yang baik. Kedua faktor tersebut saling mempengaruhi satu sama lain dalam mengawasi dana desa untuk kesejahteraan masyarakat terkhusus Desa Panggungharjo.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: NURAINUN MANGUNSONG, S.H., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Pengawasan, Dana Desa, Sistem Informasi Desa, Good Governance
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2018 14:26
Last Modified: 27 Jul 2018 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30474

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum