EFEKTIVITAS PELAKSANAAN TUGAS PEMBANTU PEGAWAI PENCATAT NIKAH (P3N) DI KUA KEC. PURBARATU KOTA TASIKMALAYA MENURUT PERATURAN MENTERI AGAMA NOMOR 11 TAHUN 2007 TENTANG PENCATATAN NIKAH

ZIYAD ABDUL GHANI, NIM. 14350039 (2018) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN TUGAS PEMBANTU PEGAWAI PENCATAT NIKAH (P3N) DI KUA KEC. PURBARATU KOTA TASIKMALAYA MENURUT PERATURAN MENTERI AGAMA NOMOR 11 TAHUN 2007 TENTANG PENCATATAN NIKAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PELAKSANAAN TUGAS PEMBANTU PEGAWAI PENCATAT NIKAH (P3N) DI KUA KEC. PURBARATU KOTA TASIKMALAYA MENURUT PERATURAN MENTERI AGAMA NOMOR 11 TAHUN 2007 TENTANG PENCATATAN NIKAH)
14350039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PELAKSANAAN TUGAS PEMBANTU PEGAWAI PENCATAT NIKAH (P3N) DI KUA KEC. PURBARATU KOTA TASIKMALAYA MENURUT PERATURAN MENTERI AGAMA NOMOR 11 TAHUN 2007 TENTANG PENCATATAN NIKAH)
14350039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pencatatan pernikahan merupakan sesuatu hal yang diwajibkan dilaksanakan oleh setiap warga negara Indonesia karena pencatatan pernikahan akan mengakibatkan pernikahan tersebut diakui secara legal. Untuk mensukseskan pencatatan pernikahan ini, pemerintah telah membentuk Kantor Urusan Agama bagi masyarakat yang beraga islam dan Kantor Pencatatan Sipil bagi masyarakat yang beragama non-islam. Petugas yang mencatat pernikahan bagi orang Islam adalah Pegawai Pencatat Nikah (PPN) yang berada di KUA Kecamatan. Jumlah PPN yang sedikit di tiap kecamatan yang ada, maka untuk menanggulangi dan memaksimalkan potensi yang ada diangkatlah Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N) yang diberikan mandat oleh PPN untuk membantu tugas pelayanan pernikahan di desa/ kelurahan setempat. P3N memiliki tugas utama yakni untuk membantu masyarakat di kelurahan apabila ingin dibantu dalam hal urusan pernikahan. Ini menimbulkan pertanyaan Bagaimana pelaksanaan tugas P3N di Kecamatan Purbaratu selama ini dan sejauh mana efetivitas pelaksanaan tugas yang dilaksanakan oleh P3N di Kecamatan Purbaratu sudah sesuai atau belum dengan PMA Nomor 11 Tahun 2007 tentang Pencatatan Pernikahan. Jenis Penelitian yang diambil oleh peneliti adalah Field Research (Penelitian Lapangan) dengan pendekatan kualitatif. Peneliti melakukan Observasi, Wawancara serta dokumentasi ke KUA Kecamatan Purbaratu secara langsung. Peneliti menggunakan teknik CIPP yaitu Evaluation of Context, Input, Process dan Product. Dengan teknik ini akan ditemukan hasil apakah suatu pekerjaan atau tugas sudah dilaksanakan secara efektif atau belum. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa Pelaksanaan tugas oleh Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N) di wilayah KUA Kecamatan Purbaratu yaitu dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Menteri Agama Nomor 11 Tahun 2007, melakukan pemeriksaan persyaratan, pengawasan dan pencatatan peristiwa nikah/rujuk, serta melaksanakan tugas membina ibadah di kelurahan masingmasing yang terlaksana dengan baik. Selama ini pelaksanaan tugas yang dilakukan oleh P3N di Kecamatan Purbaratu sudah efektif dan sesuai dengan Peraturan Menteri Agama Nomor 11 Tahun 2007. Efektivitas dari pelaksanaan tugas P3N ini dipengaruhi oleh berbagai hal yang telah terjadi di lapangan. Mulai dari adanya kebutuhan masyarakat Kecamatan Purbaratu yang membutuhkan P3N. Petugas-petugas P3N yang ada melaksanakan tugas secara profesional serta kepuasan masyarakat akan pelayanan dari P3N yang dirasa sudah bagus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mansur, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pencatatan, Tugas P3N
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2018 14:48
Last Modified: 27 Jul 2018 14:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30477

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum