TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERJANJIAN SEWA MENYEWA MOTOR (STUDI KASUS DI ANUGERAH RENTAL MOTOR YOGYAKARTA)

RAKA RISTIANTO, NIM. 12380068 (2017) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERJANJIAN SEWA MENYEWA MOTOR (STUDI KASUS DI ANUGERAH RENTAL MOTOR YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERJANJIAN SEWA MENYEWA MOTOR (STUDI KASUS DI ANUGERAH RENTAL MOTOR YOGYAKARTA) SKRIPSI DIAJUKAN KEPADA FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA UNTUK MEMENUHI SEBAGAI SYARAT MEMPEROLEH G)
12380068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERJANJIAN SEWA MENYEWA MOTOR (STUDI KASUS DI ANUGERAH RENTAL MOTOR YOGYAKARTA) SKRIPSI DIAJUKAN KEPADA FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA UNTUK MEMENUHI SEBAGAI SYARAT MEMPEROLEH G)
12380068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Di dalam hukum perjanjian Islam terdapat asas persamaan (al-Musawah) dan asas keadilan (al-„Adalah). Anugerah Rental Motor adalah perusahaan sewa menyewa motor yang menerapkan perjanjian berupa kontrak baku. Perbedaan pelayanan yang diterima oleh konsumen berbeda-beda. Tarif dan fasilitas yang diterima setiap penyewa tidaklah sama seperti yang telah tertuang dalam klausul isi perjanjian. Secara logika, akad sewa adalah solusi tepat bagi terjadinya hubungan yang adil antara pemilik barang dengan penggunanya. Pemilik barang mendapatkan imbalan atas kegunaan barangnya, sebagaimana penyewa berhak mendapatkan kegunaan barang sewaanya dalam batas waktu yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Jenis penelitian ini adalah field research dan sifatnya adalah deskriptif analitik. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan observasi dan data primer berupa wawancara langsung kepada pemilik Anugerah Rental Motor sendiri, setelah itu wawancara dengan karyawan dan beberapa konsumen Anugerah Rental Motor. Dalam pengambilan sampel yaitu dengan melalui informant yang sudah ditentukan sebelumnya. Dalam menganalisis data yang berhubungan dengan materi konsep dasar sewa-menyewa, dalam perspektif fikih Muamalah. Hasil dari penelitian ini, yang menjadi penyebab terjadinya perbedaan dalam pelayanan adalah adanya trust dan distrust terhadap penyewa. Pemilik Anugerah Rental Motor lebih percaya terhadap kategori rekomendasi walaupun tanpa menggunakan identitas sebagai jaminan daripada kategori yang lain yang menggunakan identitas lengkap. Adanya trust dan distrust disebabkan karena keteledoran dari pegawai Anugerah Rental Motor dan adanya itikad tidak baik dari pihak penyewa. Sedangkan apabila ditinjau dari hukum Islam bahwa perjanjian sewa-menyewa di Anugerah Rental Motor mengandung akad fasid karena memiliki kekurangan pada asas-asas hukum perjanjian Islam sehingga hukumnya bisa sah bisa juga tidak. Hukumnya sah apabila penyewa ridho atau rela haknya tidak tepenuhi. Namun tidak sah hukumnya jika penyewa menuntut haknya dan pihak yang menyewakan tidak memberikan kewajibannya ke penyewa. Kata Kunci : Sewa Menyewa, Rental Motor, Perjanjian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Kholid Zulfa, M.Si
Uncontrolled Keywords: Sewa Menyewa, Rental Motor, Perjanjian.
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Oct 2018 07:44
Last Modified: 09 Oct 2018 07:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30485

Actions (login required)

View Item View Item