TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMANFAATAN DANA BPJS KETENAGAKERJAAN DI PERUSAHAAN OUTSOURCING (STUDI KASUS DI PT. PESONA CIPTA YOGYAKARTA)

SINDY SISKA SILVANA, NIM. 14380012 (2018) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMANFAATAN DANA BPJS KETENAGAKERJAAN DI PERUSAHAAN OUTSOURCING (STUDI KASUS DI PT. PESONA CIPTA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMANFAATAN DANA BPJS KETENAGAKERJAAN DI PERUSAHAAN OUTSOURCING (STUDI KASUS DI PT. PESONA CIPTA YOGYAKARTA))
14380012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMANFAATAN DANA BPJS KETENAGAKERJAAN DI PERUSAHAAN OUTSOURCING (STUDI KASUS DI PT. PESONA CIPTA YOGYAKARTA))
14380012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pemerintah telah mewajibkan perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk memberikan jaminan sosial kepada tenaga kerjanya melalui BPJS Ketenagakerjaan, hal ini berlaku setelah ditetapkannya UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Demikian juga dengan perusahaan yang bergerak di bidang outsourcing yang wajib memberikan jaminan sosial kepada tenaga kerjanya. Pelaksanaan jaminan sosial tenaga kerja melalui program BPJS di perusahaan outrsourcing dalam pelaksanaannya terdapat beberapa permasalahan, terutama pada perusahaan outsourcing area Yogyakarta. Diketahui 27 dari 39 perusahaan outsourcing di Yogyakarta mengalami keterlambatan dalam pembayaran iuran kepada BPJS Ketenagakerjaan sedangkan perusahaan tersebut sudah menerima dana dari perusahaan user. Padahal dalam UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang BPJS pasal 19 ayat 2 menyebutkan bahwa pemberi kerja/perusahaan wajib membayar dan menyetor iuran yang telah menjadi tanggung jawabnya. Oleh karena itu penyusun mengambil permasalahan tersebut untuk diteliti. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan BPJS Ketenagakerjaan di perusahaan outsourcing terutama pada pemanfaatan dananya kemudian dianalisa menggunakan prespektif Maqasid asy-Syariah dalam hukum Islam, sehingga penelitian ini bersifat deskriptif-analitis. Analisis dalam penelitian ini adalah induktif, dengan cara melakukan eksplorasi dan tidak bermaksud menguji teori. Penelitian fokus menggunakan data dan fakta sebagai pijakan awal untuk menjawab pertanyaan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jika dilihat dari Maqasid asy-Syari’ah dalam hukum Islam, maka kegiatan pemanfaatan dana yang tidak sesuai dengan peruntukannya, yang dilakukan oleh perusahaan outsourcing tersebut hukumnya haram atau dilarang untuk dilakukan. Hal tersebut dikarenakan menimbulkan banyak kemudharatan daripada kemaslahatan untuk tenaga kerja. Kemudian kegiatan tersebut juga tidak sesuai dengan tujuan-tujuan syariah dan telah gagal dalam memelihara harta (H{ifz} al-mal) dan jiwa (Hifz an-nafs).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: RATNASARI FAJARIYA ABIDIN, S.H.M.H
Uncontrolled Keywords: Outsourcing, BPJS Ketenagakerjaan, Maqa>s}id asy-Syari>’ah
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Oct 2018 14:02
Last Modified: 22 Oct 2018 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30493

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum