IMPLEMENTASI PENGASUHAN ANAK MENURUT UU RI NO.35 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK (STUDI KASUS YAYASAN PANTI ASUHAN SAYAP IBU & YAYASAN PONDOK PESANTREN YATIM DAN DHUAFA MADANIA)

FAIZZULMUNA RIZKA ALDANI, NIM. 13360028 (2018) IMPLEMENTASI PENGASUHAN ANAK MENURUT UU RI NO.35 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK (STUDI KASUS YAYASAN PANTI ASUHAN SAYAP IBU & YAYASAN PONDOK PESANTREN YATIM DAN DHUAFA MADANIA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENGASUHAN ANAK MENURUT UU RI NO.35 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK (STUDI KASUS YAYASAN PANTI ASUHAN SAYAP IBU & YAYASAN PONDOK PESANTREN YATIM DAN DHUAFA MADANIA))
13360028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENGASUHAN ANAK MENURUT UU RI NO.35 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK (STUDI KASUS YAYASAN PANTI ASUHAN SAYAP IBU & YAYASAN PONDOK PESANTREN YATIM DAN DHUAFA MADANIA))
13360028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Anak merupakan titipan dari Allah yang harus dijaga dan dirawat sebaik mungkin dalam perkembangan hidupnya dan harus diperhatikan juga mengenai hak-hak dan status hukum sebagai anak. Keberadaan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, mempertegas perlunya pemberatan sanksi pidana dan denda bagi pelaku kejahatan terhadap anak. Kajian mengenai anak merupakan hal yang sangat penting mengingat bahwa anak akan menjadi generasi penerus dan faktor majunya suatu bangsa. Namun realita yang terjadi di Indonesia, termasuk di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) anak masih mengalami permasalahan sosial diantaranya anak terlantar, anak berhadapan dengan hukum, anak jalanan, anak yang menjadi korban tindak kekerasan dan korban trafficking. Di antara yayasan yang menarik diteliti terhadap pengasuhan anak ialah Yayasan Sayap Ibu dan Yayasan Pondok Pesantren Yatim & Dhuafa Madania yang berada di DIY. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif yakni penelitian yang menggunakan data penelitian di lapangan sebagai sumber data utama. Objek penelitian ini yaitu Yayasan Sayap Ibu dan Yayasan Pondok Pesantren Yatim & Dhuafa Madania di DIY. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, pengamatan dan kepustakaan yang merupakan rujukan untuk menganalisis hasil penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis normatif, yaitu cara pendekatan permasalahan yang diteliti berdasarkan pada aturan perundangundangan, yurisprudensi, dan aturan-aturan lain yang berlaku sekaligus dalil-dalil hukum Islam. Penulis mencoba meneliti tentang implementasi pengasuhan anak menurut UU RI No. 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak di Yayasan Sayap Ibu dan Yayasan Pondok Pesantren Yatim Dhuafa Madania. Hasil yang diperoleh Yayasan yakni Panti Asuhan Yayasan Sayap Ibu dan Yayasan Pondok Pesantren Yatim & Dhuafa Madania dalam melakukan pengasuhan telah melakukan secara baik dan benar, sebagaimana yang terkandung dalam Undang-undang RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak. Hal ini terlihat dengan diberikannya wahana untuk menyalurkan bakat dan minat, yang meliputi unit haido therapy, unit fisio therapy, dan mobilitas therapy, tempat tinggal putra dan putri, Sekolah Luar Biasa (SLB) ganda, kelas autis, gedung serbaguna, tempat tinggal pimpinan panti, unit pendukung panti, di Yayasan Panti Asuhan Sayap Ibu. Di kedua Yayasan ini juga terlihat pola pengasuhan yang berbeda meskipun ada juga sisi persamaanya. Adapun yang menjadi perbedaanya salah satunya yaitu unit pendukung. Adapun yang menjadi sisi persamaannya yaitu sama-sama memiliki visi kemanusiaan yang sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: FUAD MUSTAFID, S.Ag.,M.Ag. NURDHIN BAROROH,S.HI,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan anak, pengasuhan anak, panti asuhan.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Oct 2018 08:58
Last Modified: 22 Oct 2018 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30503

Actions (login required)

View Item View Item