PENENTUAN AWAL BULAN KAMARIAH STUDI PERBANDINGAN TAREKAT NAQSABANDIYAH PAUH, KOTA PADANG DENGAN TAREKAT NAQSABANDIYAH BABUSSALAM, LANGKAT

MHD. FIKRI MAULANA NASUTION, NIM. 14360008 (2018) PENENTUAN AWAL BULAN KAMARIAH STUDI PERBANDINGAN TAREKAT NAQSABANDIYAH PAUH, KOTA PADANG DENGAN TAREKAT NAQSABANDIYAH BABUSSALAM, LANGKAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENENTUAN AWAL BULAN KAMARIAH STUDI PERBANDINGAN TAREKAT NAQSABANDIYAH PAUH, KOTA PADANG DENGAN TAREKAT NAQSABANDIYAH BABUSSALAM, LANGKAT)
14360008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENENTUAN AWAL BULAN KAMARIAH STUDI PERBANDINGAN TAREKAT NAQSABANDIYAH PAUH, KOTA PADANG DENGAN TAREKAT NAQSABANDIYAH BABUSSALAM, LANGKAT)
14360008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Problematika penentuan awal bulan Kamariah kerap menimbulkan perbedaan dalam penentuannya. Perbedaan penentuannya tidak hanya terjadi pada ormas besar yang ada di Indonesia, seperti Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama, perbedaan juga muncul pada aliran-aliran tarekat yang diyakini oleh sebagian masyarakat Indonesia, salah satunya Tarekat Naqsabandiyah di Pauh, kota Padang dan Tarekat Naqsabandiyah di Babussalam, Langkat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui metode yang digunakan oleh Tarekat Naqsabandiyah Pauh, kota Padang dan Tarekat Naqsabandiyah Babussalam, Langkat dan metode pengambilan hukum dalam menggunkana metode penentuan awal bulan Kamariah. penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang data utama atau data primer diperoleh dari observasi dan wawancara kepada Mursyid Tarekat Naqsabandiyah Pauh, Kota Padang dan Mursyid Tarekat Naqsabandiyah Babussalam, Langkat, serta khalifah dan pengajar di dua tarekat tersebut. penelitian ini bersifat deskriptif mengambarkan obyek penelitian yaitu penentuan awal bulan Kamariah, analitik untuk menjawab rumusan masalah yang diteliti, dan komparatif untuk membandingkan kedua terekat Naqsabandiyah yang menjadi subyek penelitian. Hasil dari penelitian ini bahwa menurut Mursyid Tarekat Naqsabandiyah Pauh, kota Padang, hisab munjid dan rukyat merupakan pedoman menentukan awal bulan Kamariah, sedangkan menurut Mursyid Tarekat Naqsabandiyah Babussalam, Langkat penentuan awal bulan Kamariah menggunakan rukyat dan imkanur rukyat, dan keduanya memiliki dalil yang kuat dalam mendukung pendapatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr.H. SUSIKNAN AZHARI H. WAWAN GUNAWAN, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Tarekat Naqsabandiyah, Babussalam, Pauh, Kamariah, Awal Bulan.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Oct 2018 09:47
Last Modified: 25 Oct 2018 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30512

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum