IMPLEMENTASI KONSEP SNOWBALL EFFECT DENGAN PENDEKATAN TEAMWORK DALAM MERANGSANG MINAT DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA

AGUS WIDODO - NIM. 03460512, (2009) IMPLEMENTASI KONSEP SNOWBALL EFFECT DENGAN PENDEKATAN TEAMWORK DALAM MERANGSANG MINAT DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KONSEP SNOWBALL EFFECT DENGAN PENDEKATAN TEAMWORK DALAM MERANGSANG MINAT DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KONSEP SNOWBALL EFFECT DENGAN PENDEKATAN TEAMWORK DALAM MERANGSANG MINAT DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan konsep Snowball Effect dengan pendekatan Teamwork dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar fisika di MTs N Dlingo Bantul Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di MTs N Dlingo Bantul Yogyakarta. Populasi penelitian adalah adalah siswa kelas IX Tahun Ajaran 2008/2009 yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas IXA yng berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan IXB yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, dengan asumsi bahwa tiap kelas mempunyai kemampuan yang sama. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes prestasi belajar fisika (pre test dan post test), dan metode angket. Data penelitian berupa nilai pre test, nilai post test dan tanggapan siswa mengenai pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Teamwork. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pearson correlation dan alfa cronbach, untuk uji analisis menggunakan uji T-test. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapatkan bahwa penggunaan pendekatan Teamwork berpengaruh terhadap minat dan prestasi siswa. Ditunjukkan dengan adanya perbedaan nilai t hitung t tabel, yaitu 19,85 2,05 pada prestasi dan nilai t hitung t tabel , yaitu 20,54 2,05 pada minat. Sumbangan pendekatan Teamwork terhadap minat sebesar 88,7 % dan prestasi sebesar 79,6 %.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kelebihan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Teamwork, dibanding dengan menggunakan metode ceramah semata. Ada pengaruh positif antara minat dan prestasi siswa terhadap pembelajaran fisika dengan implementasi konsep Snowball effect dengan pendekatan Teamwork pada pokok bahasan Listrik Dinamis, siswa kelas IX MTs N Dlingo Bantul Yogyakarta TA 2008/2009.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Murtono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Konsep Snowball Effect, Pendekatan Teamwork, Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Fisika
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 04 Dec 2012 15:05
Last Modified: 07 Dec 2016 05:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3052

Actions (login required)

View Item View Item