PERAN ONE HOME ONE LIBRARY (OHOL) DALAM PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT PESISIR (STUDI KASUS MASYARAKAT DESA KEPEK SAPTOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA)

ARINA FAILA SAUFA, SHUM, NIM. 1620011032 (2018) PERAN ONE HOME ONE LIBRARY (OHOL) DALAM PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT PESISIR (STUDI KASUS MASYARAKAT DESA KEPEK SAPTOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ONE HOME ONE LIBRARY (OHOL) DALAM PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT PESISIR (STUDI KASUS MASYARAKAT DESA KEPEK SAPTOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA))
1620011032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PERAN ONE HOME ONE LIBRARY (OHOL) DALAM PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT PESISIR (STUDI KASUS MASYARAKAT DESA KEPEK SAPTOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA))
1620011032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ARINA :FAlLA SAU:FA, S.Hum (1620011032) : Pcran One: !lome One Lihrwy (OHOL) dalam Perubahan Sosial Masyarakat Pesisir (Studi Kasus Masyarakat Desa Kepek Saptosari Gunungkidul Yogyakarta). Tesis Program Stucli Interdisciplinmy Islamic Studies Konsentrasi Ilmu Perpustakaan dan Infonnasi, Pascasa1jana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Pene!itian ini merupakan "tudi analisis perubahan sosial masyarakat dusun Kepek Saptosari Gunungkidul setelah adanya program One Home One Librmy (OHOL). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui implementasi program OHOL, perubahan sosial yang terjadi, dan peran OHOL dalam perubahan sosial masyarakat dusun Kepek RT 8 menggunakan teori cultural lag William F. Ogburn clan Habitus PieiTe Bourdieu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Peneliti melakukan pemilihan informan melalui teknik pwposive dan snowball. Teknik pengambilan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis d~ta yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara uji keabsahan data dilakukan dengan melakukan triangulasi sumber, telaiik, dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Implementasi program OHOL di dusun Kepek RT 8 tidak terlepas dari peran berbagai aktor. Para aktor ini melalui modal sosial, simbolik dan kebudayaan mampu memenangkan pertarungan dalam arena sehingga program OHOL dapat dijalankan menjadi sebuah praktik eli dusun Kepek RT 8. 2. Program OHOL menimbulkan perubahan sosial masyarakat dusun Kepek RT 8 meliputi; meningkatnya kesadaran belajar bagi anak-anak usia produktif, kualitas pendidikan membaik, meningkatnya kualitas perekonomian, serta meningkatnya minat baca dan kemampuan literasi informasi masyarakat. 3. Para aktor melibatkan tujuh proses perubahan sosial yaitu inisiasi (initiation), penyadaran (awareness), penciptaan (invention), penemuan (discovery), penyebaran (difusi), akumulasi (accumulation), dan penyesuaian (adaptation). Dari proses perubahan ini, program OHOL memberikan peran dalam perubahan sosial masyarakat berupa, mengurangi ketertinggalan pendidikan di daerah pesisir pedesaan, membantu menjaga stabilitas ekonomi, membangun kemandirian pemuda, dan menciptakan kemampuan literasi informasi masyarakat. Penelitian ini tergolong penelitian baru yang melibatkan teori sosial dalam kajian analisisnya, sehingga masih perlu dikaji oleh penelitian-penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nurclin Laugu, SS., M.A
Uncontrolled Keywords: Masyarakat Pesisir ,One Home One Librwy, Perubahan Sosial
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Aug 2018 09:23
Last Modified: 06 Aug 2018 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30531

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum