IMPLEMENTASIPERAN PENDAMPING DESA DI DESA SELASARI KECAMATAN PARIGI KABUPATEN PANGANDARAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBANGUNAN DESA PERSPEKTIF SIYȂSAH DUSTȖRIYYAH

MAYA MELINDA, NIM. 14370038 (2018) IMPLEMENTASIPERAN PENDAMPING DESA DI DESA SELASARI KECAMATAN PARIGI KABUPATEN PANGANDARAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBANGUNAN DESA PERSPEKTIF SIYȂSAH DUSTȖRIYYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASIPERAN PENDAMPING DESA DI DESA SELASARI KECAMATAN PARIGI KABUPATEN PANGANDARAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBANGUNAN DESA PERSPEKTIF SIYȂSAH DUSTȖRIYYAH)
14370038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASIPERAN PENDAMPING DESA DI DESA SELASARI KECAMATAN PARIGI KABUPATEN PANGANDARAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBANGUNAN DESA PERSPEKTIF SIYȂSAH DUSTȖRIYYAH)
14370038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Untuk mewujudkan sebuah desa yang sejahtera, Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dalam hal ini membentuk pendamping desa untuk mendampingi desa baik dalam perencanaan, pelaksanaan sampai ke pelaporan dengan pemantauan terhadap pembangunan desa dan memberdayakan masyarakat desa. Dengan tujuan tersebut, maka jika semua kewajiban Pendamping Desa terealisasikan pembangunan kualitas dalam desa pun otomatis akan meningkat. Keberadaan Pendamping Desa di rasa sangat penting untuk mewujudkan desa yang maju dan mandiri. Maka dari itu penyusun bertujuan untuk meneliti sejauh mana peran pendamping desa dari mulai perencanaan pembangunan sampai ke pemberdayaan masayarakat dalam sebuah desa. Penyusun melakukan penelitian di Desa Selasari Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran Jawa Barat. Di karena kan keberadaan pemerintah setempat kurang memperhatikan pembangunan yang ada di desa tersebut sehingga tidak memfokuskan pada infrastruktur pembangunan yang ada, seperti halnya perbaikan jalan dan penerangan jalan antar dusun yang masih buruk dan belum merata. Hal ini membuat penyusun tertarik untuk meneliti sejauh mana ke Implementsi Pendamping Desa dalam meningkatkan kualitas pembangunan dalam desa tersebut. Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan teori siyasah dusturiyyah, dalam teori fiqh siyasah dusturiyyah ini yang di dalamnya mencakup konsep ahlul halli wal-‘aqd yaitu orang-orang yang mempunyai kecemerlangan pikiran dalam memperjuangkan kemaslahatan rakyat. Sudah tentu ruang lingkup pembahasannya, bahwasan nya disini peneliti meneliti kinerja pendamping desa yang mana terdapat dalam perundang-undangan yang di tuntut oleh hal ihwal kenegaraan dari segi persesuaian dengan prinsip-prinsip agama dan merupakan realisasi kemaslahatan manusia yang memenuhi kebutuhannya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) menggunakan metode deskriptif-analisis. Penelitian ini menemukan bahwa pelaksanan pendampingan desa di Desa Selasari Kec.Parigi berdasarkan acuan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 3 Tahun 2015 tentang pendamping desa, adanya pendamping desa dapat diketahui berdasarkan fakta yang ada dilapangan bahwa keberadaan pendamping desa sudah cukup baik dalam melaksanakan pendampingannya dari mulai mendampingi perencanaan, pelaksanaan sampai ke pelaporan dan dengan lebih meningkatkan pemberdayaan dalam masayarakat menjadikan pendamping desa juga telah memenuhi sebagian fungsi ahlul halli wal-aqd’ di mana ia sebagai tenaga profesional yang bisa mengurai permasalahan dengan mengarahkan masyarakat kepada kehidupan kemaslahatan. Peningkatan kualitas pembangunan ternyata di dalam lapangan ini sekarang lebih di arahkan kepada potensi desa yang dengan banyak melakukan pembangunan dalam desa wisata dengan melakukan pengalihan pengalokasian dana, yang bertujuan meningkatkan penghasilan masyarakat desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. MOH. TAMTOWI, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Siyȃsah dustȗriyyah, ahlul halli wal-qd’.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Oct 2018 08:26
Last Modified: 29 Oct 2018 08:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30538

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum