KEBIJAKAN PEMERINTAH INDONESIA DALAM MEMPERTAHANKAN KEBUDAYAAN NASIONAL (STUDI KASUS KLAIM BUDAYA INDONESIA OLEH MALAYSIA

MUHAMMAD RAGIL ARIGHI SHUNAS, NIM. 14370069 (2018) KEBIJAKAN PEMERINTAH INDONESIA DALAM MEMPERTAHANKAN KEBUDAYAAN NASIONAL (STUDI KASUS KLAIM BUDAYA INDONESIA OLEH MALAYSIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN PEMERINTAH INDONESIA DALAM MEMPERTAHANKAN KEBUDAYAAN NASIONAL (STUDI KASUS KLAIM BUDAYA INDONESIA OLEH MALAYSIA)
14370069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN PEMERINTAH INDONESIA DALAM MEMPERTAHANKAN KEBUDAYAAN NASIONAL (STUDI KASUS KLAIM BUDAYA INDONESIA OLEH MALAYSIA)
14370069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Klaim kebudayaan bangsa Indonesia oleh Malaysia hingga saat ini merupakan permasalahan yang masih sangat sensitif untuk di bicarakan. Munculnya permasalahan ini dilandasi oleh latar belakang sejarah yang sama dan keinginan dalam membentuk identitas negara bangsa. Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Indonesia turut aktif dalam mengatasi klaim kebudayaan melalui kebijakan-kebijakan kebudayaan yang bertujuan untuk melindungi, melestarikan dan mengembangkan kebudayaan nasional Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (Library Research) yaitu penelitian yang menggunakan sumber buku-buku, karya ilmiah, naskah dokumen, Undang-Undang serta referensi lainya yang berkaitan dengan permasalahan dalam objek kajian ini. Penelitian ini menjelaskan dan menganalisis tentang kebijakankebijakan pemerintah dalam mempertahankan kebudayaan nasional, untuk melihat efektif atau tidaknya kebijakan kebudayaan dalam mengatasi klaim kebudayaan Indonesia oleh negara lain. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Penulis mengkualifikasi data yang bersifat umum kemudian diambil kesimpulan yang bersifat khusus. Teknik pengumpulan data merupakan proses yang dibutuhkan yang berhubungan dengan referensi yang digunakan dalam mengumpulkan datadata dan literatur yang relevan dengan permasalahan yang menjadi sasaran dalam penelitian ini. data primer yaitu Undang-Undang, kebijakan pemerintah, bukubuku yang berhubungan tentang objek yang menjadi penelitian. Data skunder berupa jurnal, artikel, media massa, dokumen internet dan lain sebagainya. Hasil dari penelitian ini adalah dengan melihat bahwa sebelum lahirnya kebudayaan nasional Indonesia seperti saat ini, kebudayaan Indonesia pernah mengalami akulturasi dengan kebudayaan-kebudayaan asing sebelum Indonesia merdeka. Kebudayaan Indonesia yang beranekaragam di lindungi oleh pemerintah Indonesia melalui kebijakan kebudayaan. Tetapi pada realitanya kebijakan kebudayaan pemerintah masih belum mampu untuk melindungi kebudayaan Indonesia dari klaim negara lain, dikarenakan proses perumusan masalah, peramalan masa depan kebijakan, rekomendasi, pemantauan dan evaluasi belum terlaksana secara tepat dan maksimal. kebijakan juga belum sejalan dengan konsep maslahah mursalah. Karena untuk meraih kemaslahatan, maka perlunya pemeliharaan terhadap agama, jiwa, akal, keturunan, harta dan kehormatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. AHMAD YANI ANSHORI, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Klaim Budaya, Kebijakan Kebudayaan, Kebijakan Publik, Maslahah Mursalah.
Subjects: Politik Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Oct 2018 01:27
Last Modified: 29 Oct 2018 01:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30542

Actions (login required)

View Item View Item