KONSTRUKSI IDENTITAS KEAGAMAAN REMAJA SMA PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENGETAHUAN PETER L. BERGER (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA)

Imam Mutakhim, NIM. 1520411079 (2018) KONSTRUKSI IDENTITAS KEAGAMAAN REMAJA SMA PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENGETAHUAN PETER L. BERGER (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI IDENTITAS KEAGAMAAN REMAJA SMA PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENGETAHUAN PETER L. BERGER (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA))
1520411079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI IDENTITAS KEAGAMAAN REMAJA SMA PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENGETAHUAN PETER L. BERGER (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA))
1520411079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

IMAM MUTAKHIM. Konstruksi Identitas Keagamaan Remaja SMA Perspektif Sosiologi Penegtahuan Peter L. Berger (Studi Kasus di SMA Negeri 4 Yogyakarta). Tesis. Yogyakarta: Program S2 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2017. Remaja merupakan fase phychosocial moratorium antara masa kanakkanak dan dewasa. Pada masa remaja, individu dengan perkembangan kognitifnya mulai mempertanyakan identitas keagamaan. Di mana pada masa kanak-kanak, setiap individu memperoleh internalisasi keagamaan melalui sosialisasi primer, sedangkan pada masa remaja melalui sosialisasi sekunder. Kenyataan subyektif yang dibentuk pada kedua masa tersebut, kemudian dieksternalisasikan pada kenyataan obyektif sebagai bentuk aktualisasi diri. Eksternalisasi tersebut bisa berbentuk mempertahankaan, memodifikasi atau bahkan menolak dari proses internalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis internalisasi dan eksternalisasi pada konstruksi identitas keagamaan remaja SMA perspektif Sosiologi Pengetahaun Peter L. Berger, dan kesenjangan kenyataan yang terjadi pada identitas keagamaan remaja SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif analitik, yang bertempat di SMA Negeri 4 Yogayakarta. Pengambilan narasumber penelitian menggunakan purposive sampling. Metode pengambilan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentansi. Sedangkan analisis data menggunakan teori Miles and Haberman dengan tahapan data reduction, data display dan conclusion drawing/ferification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1). Internalisasi kredo melalui sosialisasi sekunder, remaja hanya melakukan penyesuaian terhadap identitas orang tua. Pada dromena sosialisasi lebih banyak diperanguhi oleh pergaulan sebaya (peer group) dan basyir wa nadhir dalam agama. Sedangkan pada legoumena, masalah remaja merupakan sosialisasi yang paling signifikan. Pada sosialisasi sekunder peneliti mengajukan istilah untuk individu sebagai penerima sosialisasi pasif dan aktif 2). Eksternalisasi pada kredo bersifat kuasi-otomatis dan perkembangan kognitif remaja tidak mampu merubah struktur dasar sosialisasi sebelumnya. Kesadaran tentang kebenaran tidak terlepas dari konteks sosial. Eksternalisasi pada dromena tidak hanya untuk menunjukkan eksistensi pada dunia, melainkan juga dipengaruhi oleh simetri antar subyektif individu (peer group), untuk dikabulkan keinginannya, maupun dorongan untuk memperbaiki kesalahan. Sedangkan pada legoumena, intensitasnya semakin tinggi apabila remaja sedang mengalami masalah. 3). Agama bagi remaja tidak hanya sekedar ritual melainkan landasan hidup. Bahkan perilaku remaja didasari oleh eskatologi. Keterasingan remaja terjadi apabila perilakunya tidak sesuai dengan kenyataan obyektif maupun antara diri real dan diri ideal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Sumedi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Identitas, Internalisasi, Ekternalisasi dan Kenyataan
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 31 Oct 2018 09:31
Last Modified: 31 Oct 2018 09:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30554

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum