IMPLIKASI FULLDAY SCHOOL TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) MUTIARA QUR’ANI LEMPONGSARI SARIHARJO NGAGLIK SLEMAN

Ulfatun Azizah, NIM. 1520011032 (2018) IMPLIKASI FULLDAY SCHOOL TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) MUTIARA QUR’ANI LEMPONGSARI SARIHARJO NGAGLIK SLEMAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLIKASI FULLDAY SCHOOL TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) MUTIARA QUR’ANI LEMPONGSARI SARIHARJO NGAGLIK SLEMAN)
1520011032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLIKASI FULLDAY SCHOOL TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) MUTIARA QUR’ANI LEMPONGSARI SARIHARJO NGAGLIK SLEMAN)
1520011032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Taman Penitipan Anak (TPA ) fullday merupakan lembaga pendidikan anak usia dini dengan layanan usia 3 bulan sampai 5 tahun yang dilaksanakan satu hari penuh.Namun, adanya lembaga pendidikan anak usia dini dengan layanan fullday tentunya memunculkan masalah – masalah baru diantaranya adalah masalah psikologis anak salah satunya sosial emosional anak. Masalah – masalah tersebut timbul karena beberapa lembaga pendidikan anak usia dini belum sepenuhnya menjalankan ketentuan yang berlaku, kurangnya kerjasama antara orangtua dan guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologis. Obyek dalam penelitian ini adalah pendidik, orangtua dan anak di TPA Mutiara Qur’ani Lempongsari Sariharjo Ngaglik Sleman. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini akan menggunakan model diskriptif kualitatif yang dilakukan kedalam tiga langkah yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menghasilkan beberapa kesimpulan; (1) Latar belakang atau alasan orangtua menitipkan anaknya di TPA fullday karena pertama orangtua bekerja diluar rumah dengan frekuensi waktu dari pagi hingga sore, kedua orangtua menginginkn anaknya dapat belajar bersosialisasi untuk persiapan jenjang pendidikan formal, ketiga berkurangnya kepercayaan orangtua terhadap asisten rumah tangga. (2) peran yang dilakukan guru dalam mendukung perkembangan sosial emosional anak antara lain; memberikan kesempatan pada anak untuk mengungkapkan perasaannya, memberikan wahana untuk pengembangan sosial anak secara positif,menciptakan perilaku positif, memberikan kesempatan pada anak untuk menentukan pilihannya. Kedua peran orangtua ; memberikan perhatian pada anak, mengenalkan emosi positif dan negatif beserta dampaknya, menjalin komunikasi pada anak.Implikasi Fullday school terhadap perkembangan Sosial Emosional Anak Dampak Positif untuk perkembangan sosial emosional anak; Anak mendapatkan rangsangan fisik maupun mental, Anak memiliki ruang bermain yang memadai , Anak medapat kesempatan berinterkasi terutama dengan teman sebaya, Tersedia komponen pendidikan seperti anak belajar mandiri. Dampak Negatif untuk perkembangan sosial emosional anak ; Ketergantungan anak pada kelompok tertentu, Berganti – gantinya pengasuh yang seringkali menimbulkan kesulitan pada anak untuk menyesuaikan diri dengan pengasuh Kata Kunci: Taman Penitpan Anak, Fullday,

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Khamim Zarkasih Putro.M.Si,
Uncontrolled Keywords: Taman Penitpan Anak, Fullday, Sosial Emosional
Subjects: Psikologi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Nov 2018 02:10
Last Modified: 01 Nov 2018 02:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30559

Actions (login required)

View Item View Item