PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI MENGACU KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI) DI PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN RADEN INTAN LAMPUNG)

Masnun Baiti, NIM. 1620410063 (2018) PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI MENGACU KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI) DI PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN RADEN INTAN LAMPUNG). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
1620410063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text
1620410063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Problematika Pengembangan Kurikulum PAI Mengacu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) di Perguruan Tinggi (Studi Kasus Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung. Pengembangan kurikulum mengacu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) adalah proses penyusunan dan implementasi kurikulum mengacu kepada perjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan dan menyetarakan serta mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan diberbagai sektor. Terbitnya Peraturan Presiden No 8 Tahun 2012 dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 73 Tahun 2013 mengharuskan setiap perguruan tinggi baik Sekolah Tinggi, Institut maupun Universitas harus melakukan redesain kurikulum mengacu KKNI selambat-lambatnya 2016/2017. Jika tidak maka alumninya tidak dapat diakui. Berdasarkan hasil Observasi penulis Program Studi PAI pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung secara impelementasi sudah menggunakan kurikulum mengacu KKNI akan tetapi secara formal kurikulum yang digunakan belum mengacu KKNI. Hal ini disebabkan karena adanya berbagai problematika pengembangan kurikulum. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara pendahuluan penulis problematika pengembangan kurikulum mengacu KKNI yakni kurangnya biaya yang menunjang pembentukan pengembangan kurikulum serta kurangnya pemahaman dosen terkait kurikulum mengacu KKNI. Jenis Penelitian yang digunakan penulis yakni jenis penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini yaitu Dekan, Wakil Dekan I, Ketua dan Sekretaris Program Studi PAI, Dosen PAI dan Mahasiswa PAI. Adapun hasil penelitian ini yaitu: a)Proses pengembangan kurikulum KKNI pada Program Studi PAI UIN Raden Intan Lampung yaitu: 1) Penyusunan, tahapan yang digunakan yaitu: (a) Seminar dan workshop. (b) Sosisaliasi (c) Analisis SWOT. (d) Analisis kebutuhan (need assessment). (e) Menetapkan profil kompetensi yang diharapkan .(f) Merumuskan capaian pembelajaran, g) Menetapkan bahan kajian dan besarnya sks, h) Menyusun struktur kurikulum dan sebaran mata kuliah; 2) Impelementasi, terdiri dari perencanaan yaitu dengan menyiapkan RPKPS, pelaksanaan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang terdiri dari persentasi, ceramah dan diskusi, tahap evaluasi yang dilakukan yakni dengan menggunakan penilaian tugas, UTS dan UAS. 3) Evaluasi yang dilakukan yakni penilaian pembelajaran semester dan pembelajaran lulusan Adapun problematika pengembangan kurikulum mengacu KKNI yang ada di Prodi PAI UIN Raden Intan Lampung yaitu: 1) Tidak adanya kebijakan secara resmi dari pimpinan. 2) Tidak adanya payung yang mengarahkan dan mengayomi pengembangan kurikulum mengacu KKNI. 3) Belum adanya Format kurikulum mengacu KKNI secara resmi dari pimpinan. 4) Biaya 5) Waktu 6) Kurangnya Pemahaman Dosen 7) Kurangnya kesamaan persepsi dosen 8) Kurangnya keterlibatan pengguna pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan kurikulum PAI, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia(KKNI).
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2018 16:28
Last Modified: 02 Nov 2018 16:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30561

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum