PENGARUH PENERAPAN TECHNOLOGY-BASED SELF-SERVICE TERHADAP KEPUASAN SISWA PADA LAYANAN PEMINJAMAN DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 5 MAGELANG

Suryanto, NIM. 1520011047 (2018) PENGARUH PENERAPAN TECHNOLOGY-BASED SELF-SERVICE TERHADAP KEPUASAN SISWA PADA LAYANAN PEMINJAMAN DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 5 MAGELANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN TECHNOLOGY-BASED SELF-SERVICE TERHADAP KEPUASAN SISWA PADA LAYANAN PEMINJAMAN DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 5 MAGELANG)
1520011047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN TECHNOLOGY-BASED SELF-SERVICE TERHADAP KEPUASAN SISWA PADA LAYANAN PEMINJAMAN DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 5 MAGELANG)
1520011047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi dan tingkat kepuasan siswa terhadap penerapan Technology-Based Self-Service pada layanan peminjaman di Perpustakaan SMA Negeri 5 Magelang dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan Technology-Based Self-Service pada layanan peminjaman di Perpustakaan SMA Negeri 5 Magelang terhadap kepuasan siswa SMA Negeri 5 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan asosiatif dengan jenis survei. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling sebanyak 89 responden yang dihitung menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, observasi dan dokumentasi. Pengukuran variabel penelitian untuk mengetahui persepsi pemustaka atas variabel penelitian berdasarkan skala likert. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif statistik dan asosiatif dengan uji korelasi dan regresi berganda untuk mengetahui hubungan antar variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa mengenai variabel Technology-Based Self-Service diperoleh rata-rata skor jawaban sebesar 4,24 termasuk kategori sangat tinggi, sedangkan pernyataan responden mengenai tingkat kepuasan diperoleh rata-rata skor jawaban sebesar 4,23 termasuk kategori sangat tinggi. Hasil Uji t atau Uji Koefisien parameter (Uji Hipotesis) menunjukkan hasil bahwa nilai Signifikansi pada Technology-Based Self-Service sebesar 0,000 kurang dari alpha 5% (0,05) atau nilai t hitung pada Technology-Based Self Service sebesar 13,128 lebih besar dari t tabel sebesar 1,9876. Artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Technology-Based Self Service dengan kepuasan siswa. Sedangkan berdasarkan hasil uji koefisien determinasi dapat dilihat bahwa nilai koefisien determinasi atau Adjusted R Square sebesar 0,661 atau 66,1%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel yang diteliti yaitu Technology-Based Self Service memberikan pengaruh terhadap Kepuasan Siswa sebesar 66,1%, sedangkan sisanya 33,9% dipengaruhi variabel lain. Penelitian ini merekomendasikan agar Perpustakaan SMA Negeri 5 Magelang mengadakan survey kepada siswa mengenai jam buka layanan perpustakaan dan tata letak Technology-Based Self-Service sesuai dengan harapan siswa. Perpustakaan diharapkan mengadakan pendidikan pemakai khususnya mengenai penggunaan Technology-Based Self-Service. Serta perlu dilakukan update aplikasi Technology-Based Self-Service agar lebih nyaman dan mudah untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Tafrikhuddin, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Persepsi siswa, Technology-Based Self-Service, Kepuasan Siswa, Perpustakaan SMA Negeri 5 Magelang
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Oct 2018 01:54
Last Modified: 30 Oct 2018 01:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30562

Actions (login required)

View Item View Item