MODEL TAREKAT NAQSABANDIYAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL (Studi Kasus Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Nurul Amin di Kabupaten Boyolali)

Luqman Abdullah, NIM. 1620411046 (2018) MODEL TAREKAT NAQSABANDIYAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL (Studi Kasus Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Nurul Amin di Kabupaten Boyolali). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MODEL TAREKAT NAQSABANDIYAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL (Studi Kasus Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Nurul Amin di Kabupaten Boyolali))
1620411046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (MODEL TAREKAT NAQSABANDIYAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL (Studi Kasus Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Nurul Amin di Kabupaten Boyolali))
1620411046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Luqman Abdullah, Model Tarekat Naqsabandiyah dan Pengaruhnya Terhadap Kecerdasan Spiritual (Studi Kasus Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Nurul Amin di Kabupaten Boyolali), Tesis, Program Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Fenomena buruknya potret kondisi masyarakat saat ini telah menyadarkan para pakar bahwa kesuksesan hidup seseorang tidak hanya ditentukan oleh kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional saja, akan tetapi tetapi juga ditentukan oleh kecerdasan spiritual. Kecerdasan spiritual mengacu pada kecerdasan hati, jiwa yang menurut terminologi al-Qur’an disebut dengan qalb. Adapun pendidikan hati bersumber pada bimbingan al-Qur’an dan hadiś Nabi SAW. Namun sebagaimana diketahui bahwa ajaran al-Qur’an dan hadiś Nabi SAW tidak semuanya terperinci, untuk itu dalam hal pendidikan dan penelusuran hati, para syaikh sufi telah memberikan contoh dengan cara menjalani tarekat yang masing-masing memiliki jalan beragam. Oleh karena itu, penelitian ini memcoba menjawab permasalahan tersebut dengan mengetahui bagaima model tarekat Naqsyabandiyah dan pengaruhnya terhadap jamaah di Surau Nurul Amin Kabupaten Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data utama adalah pembina dan jamaah tarekat Naqsyabandiyah. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah mengorganisasikan data, mengelompokkan data, menguji permasalahan yang ada terhadap data, mencari alternatif penjelasan data, dan menuliskan hasil. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Model tarekat Naqsyabandiyah di Surau Nurul Amin Kabupaten Boyolali adalah: Strategi melaui Dzikir, untuk menumbuhkan ketenangan hati; Metode melalui Suluk, untuk melatih kejujuran dan mendisiplinkan jiwa; dan teknik yang digunakan adalah ubudiyah, sedekah, ziarah. (2) Pembinaan dalam tarekat tarekat Naqsyabandiyah Surau Nurul Amin Kabupaten Boyolali memiliki pengaruh terhadap kecerdasan spiritual. Pengaruh tersebut terlihat dalam aspek-aspek kecerdasan spiritual dalam jamaah tarekat. Pengaruh yang dirasakan setiap jamaah berbeda-beda, hal ini disebabkan rutin atau tidaknya dalam mengamalkan amalan tarekat. Ada yang merasakan perubahan secara signifikan dalam kecerdasan spiritual, ada pula yang mengalami peningkatan dalam kecerdasan spiritual.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Eva Latipah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Model, Tarekat Naqsyabandiyah, Kecerdasan Spiritual
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Nov 2018 03:43
Last Modified: 05 Nov 2018 03:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30566

Actions (login required)

View Item View Item